Page 34 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 34

c.  Mengembangkan  pemahaman  akan  pentingnya  partisipasi
                      warga Negara.

                      Dari  beberapa  penjelasan  mengenai  Sintaks  atau  tahapan-tahapan

                  kegiatan pembelajaran disimpulkan, meliputi:
                  1.  Kelas  dibagi  menjadi  empat  kelompok.  Setiap  kelompok

                     bertanggungjawab untuk membuat satu bagian portofolio kelas;

                  2.  Mengidentifikasi masalah kebijakan publik di masyarakat;

                  3.  Memilih satu masalah untuk kajian kelas;

                  4.  Mengumpulkan informasi dan menilai tentang masalah yang akan

                     dikaji kelas;
                  5.  Mengkaji pemecahan masalah;

                  6.  Membuat Portofolio Kelas;

                  7.  Menyajikan Protofolio;

                  8.  Refleksi terhadap Pengalaman Belajar (Winataputra, dkk. 2008).


                      Model  Pembelajaran  berbasis  Portofolio  untuk  diterapkan  di
                  sekolah  dasar,  guru  perlu  melakukan  penyederhanaan  proses

                  kegiatan  disesuaikan  dengan  tingkat  perkembangan  anak  usia

                  sekolah dasar. Guru perlu mengadakan bimbingan secara intensif
                  dan berkelanjutan agar peserta didik betul-betul memahami setiap

                  proses pembelajarannya.

                  (3)    Pengembangan keterampilan  partisipasi  kewarganegaraan
                  (civic participation/afektif).

                         PKn     merupakan    program     dari   pendidikan    yang
                  dikembangkan  dari  kajian  ilmu  politik,  sosial  politik,  dan  ilmu






                                                  29
   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39