Page 34 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 34
c. Mengembangkan pemahaman akan pentingnya partisipasi
warga Negara.
Dari beberapa penjelasan mengenai Sintaks atau tahapan-tahapan
kegiatan pembelajaran disimpulkan, meliputi:
1. Kelas dibagi menjadi empat kelompok. Setiap kelompok
bertanggungjawab untuk membuat satu bagian portofolio kelas;
2. Mengidentifikasi masalah kebijakan publik di masyarakat;
3. Memilih satu masalah untuk kajian kelas;
4. Mengumpulkan informasi dan menilai tentang masalah yang akan
dikaji kelas;
5. Mengkaji pemecahan masalah;
6. Membuat Portofolio Kelas;
7. Menyajikan Protofolio;
8. Refleksi terhadap Pengalaman Belajar (Winataputra, dkk. 2008).
Model Pembelajaran berbasis Portofolio untuk diterapkan di
sekolah dasar, guru perlu melakukan penyederhanaan proses
kegiatan disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak usia
sekolah dasar. Guru perlu mengadakan bimbingan secara intensif
dan berkelanjutan agar peserta didik betul-betul memahami setiap
proses pembelajarannya.
(3) Pengembangan keterampilan partisipasi kewarganegaraan
(civic participation/afektif).
PKn merupakan program dari pendidikan yang
dikembangkan dari kajian ilmu politik, sosial politik, dan ilmu
29