Page 31 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 31
berdasarkan perbuatan (performance-based assessment) atau juga
dikenal dengan penilaian otentik (authentic assessment).
Model Pembelajaran PKn Berorientasi Pengembangan
Keterampilan Pemecahan Masalah yang Berhubungan dengan
Keterampilan Warga Negara (Civic Skills)
a. Dalam pembelajaran PKn tentang materi pengembangan
keterampilan kewarganegaraan antara lain bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan melaksanakan hak dan kewajiban
sebagai warga negara yang baik.
b. Salah satu fungsi dari pengembangan keterampilan kewarga-
negaraan adalah supaya warga negara turut serta dalam berbagai
kegiatan kehidupan bernegara.
c. Keterampilan kewarganegaraan perlu dimiliki oleh setiap warga
negara, sehingga mereka memiliki kemampuan untuk turut
dalam kehidupan bernegara dan berbangsa sesuai dengan
konstitusi.
d. Pengembangan konsep keterampilan kewargnegaraan dapat
dilakukan dalam berbagai kegiatan baik di dalam kelas maupun
di luar kelas, dengan menggunakan metode yang beragam. Akan
tetapi dipilih yang tepat untuk meningkatkan keterlibatan siswa
dalam belajar dan berlatih keterampilan kewarganegaraannya.
(2) Pengembangan wawasan kewarganegaraan (civic knowledge/
kognitif),
Pembelajaran wawasan kewarganegaraan hendaknya dilakukan
secara kelompok dengan menekankan kepada diskusi terutama
26