Page 36 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 36
dihadapi oleh warga negara, sehingga mampu bertindak sebagai
warga negara yang baik.
Pendekatan belajar Metode pemecahan masalah dapat
dilakukan misalnya pada saat dihadapkan pada pembelajaran yang
memuat pengembangan aspek sikap dan keterampilan seperti
bagaimana melakukan pengambilan keputusan dengan lebih
mementingkan kepentingan umum dari pada kelompok atau
pribadinya
B. Pengembangan Pembelajaran PKn Lanjutan
Dalam hasil penelitian Noor, dkk. (2014) bahwa calon guru
kurang mempunyai kemampuan berani tampil, percaya diri,
wawasan, dan pengembangan kemampuan teknologi informasi
komunikasi sehingga transfer pengetahuan dan penguasaan situasi
dan kondisi kelas yang diharapkan dapat berjalan sesuai dengan RPP
kurang begitu maksimal. Calon guru disini mengerjakan tugas
sebatas pada gugur kewajiban jadi tugas selesai dikerjakan berarti
selesai tanggungjawabnya.
Kosasih (1999) mengemukakan dalam pengembangan
pembelajaran terhadap materi yang akan disampaikan, peserta didi
tidak hanya mempelajari materi pelajaran, tetapi mempelajari materi
dan sekaligus praktik, berlatih dan mampu menunjukkan identitas
karakter bersikap dan
berperilaku sebagaimateri yang dipelajari. Guru harus mampu
mengembangkan kompetensi pembelajaran PKn:
31