Page 36 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 36

dihadapi  oleh  warga  negara,  sehingga  mampu  bertindak  sebagai
                  warga negara yang baik.

                         Pendekatan  belajar  Metode  pemecahan  masalah  dapat
                  dilakukan misalnya pada saat dihadapkan pada pembelajaran yang

                  memuat  pengembangan  aspek  sikap  dan  keterampilan  seperti

                  bagaimana  melakukan  pengambilan  keputusan  dengan  lebih
                  mementingkan  kepentingan  umum  dari  pada  kelompok  atau

                  pribadinya
                   B.  Pengembangan Pembelajaran PKn Lanjutan


                      Dalam  hasil  penelitian  Noor,  dkk.  (2014)  bahwa  calon  guru
                  kurang  mempunyai  kemampuan  berani  tampil,  percaya  diri,

                  wawasan,  dan  pengembangan  kemampuan  teknologi  informasi
                  komunikasi sehingga transfer pengetahuan dan penguasaan situasi

                  dan kondisi kelas yang diharapkan dapat berjalan sesuai dengan RPP

                  kurang  begitu  maksimal.  Calon  guru  disini  mengerjakan  tugas
                  sebatas pada gugur kewajiban jadi tugas selesai dikerjakan berarti

                  selesai tanggungjawabnya.

                      Kosasih  (1999)  mengemukakan  dalam  pengembangan

                  pembelajaran terhadap materi yang akan disampaikan, peserta didi

                  tidak hanya mempelajari materi pelajaran, tetapi mempelajari materi
                  dan sekaligus praktik, berlatih dan mampu menunjukkan identitas

                  karakter bersikap dan

                  berperilaku   sebagaimateri  yang dipelajari. Guru harus mampu
                  mengembangkan kompetensi pembelajaran PKn:







                                                  31
   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41