Page 33 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 33
Portofolio dalam pembelajaran PKn merupakan kumpulan
informasi yang tersusun dengan baik yang menggambarkan rencana
kelas peserta didik berkenaan dengan suatu isu kebijakan public
yang telah diputuskan untuk dikaji mereka, baik dalam kelompok
kecil maupun kelas secara keseluruhan. Portofolio kelas berisi
bahan-bahan seperti penyataan-pernyataan tertulis, peta, grafik,
fotografi, dan karya seni asli. Bahan-bahan ini menggambarkan:
a. Hal-hal yang telah dipelajari peserta didik berkenaan dengan
suatu masalah yang telah mereka pilih;
b. Hal-hal yang telah dipelajari peserta didik berkenaan dengan
alternative- alternatif pemecahan terhadap masalah tersebut;
c. Kebijakan publik yang telah dipilih atau dibuat oleh peserta didik
untuk mengatasi masalah tersebut;
d. Rencana tindakan yang telah dibuat peserta didik untuk
digunakan dalam mengusahakan agar pemerintah menerima
kebijakan yang mereka usulkan.
Pembelajaran PKn yang berbasis Portofolio memperkenalkan
kepada para peserta didikdan mendidik mereka dengan beberapa
metode dan langkah-langkah yang digunakan dalam proses politik.
Pembelajaran ini bertujuan untuk membina komitmen aktif para
peserta didik terhadap kewarganegaraannya dan pemerintahannya
dengan cara:
a. Membekali pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan
untuk berpartisipasi secara efektif;
b. Membekali pengalaman praktis yang dirancang untuk
mengembangkan kompetensi dan efektivitas pratisipasi;
28