Page 33 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 33

Portofolio  dalam  pembelajaran  PKn  merupakan  kumpulan
                  informasi yang tersusun dengan baik yang menggambarkan rencana

                  kelas  peserta  didik  berkenaan  dengan  suatu  isu  kebijakan  public
                  yang telah diputuskan untuk dikaji mereka, baik dalam kelompok

                  kecil  maupun  kelas  secara  keseluruhan.  Portofolio  kelas  berisi

                  bahan-bahan  seperti  penyataan-pernyataan  tertulis,  peta,  grafik,
                  fotografi, dan karya seni asli. Bahan-bahan ini menggambarkan:

                  a.  Hal-hal  yang  telah  dipelajari  peserta  didik  berkenaan  dengan
                     suatu masalah yang telah mereka pilih;

                  b.  Hal-hal  yang  telah  dipelajari  peserta  didik  berkenaan  dengan

                     alternative- alternatif pemecahan terhadap masalah tersebut;
                  c.  Kebijakan publik yang telah dipilih atau dibuat oleh peserta didik

                     untuk mengatasi masalah tersebut;
                  d.  Rencana  tindakan  yang  telah  dibuat  peserta  didik  untuk

                     digunakan  dalam  mengusahakan  agar  pemerintah  menerima

                     kebijakan yang mereka usulkan.
                        Pembelajaran PKn yang berbasis Portofolio memperkenalkan

                  kepada  para  peserta  didikdan  mendidik  mereka  dengan  beberapa
                  metode dan langkah-langkah yang digunakan dalam proses politik.

                  Pembelajaran  ini  bertujuan  untuk  membina  komitmen  aktif  para
                  peserta  didik  terhadap  kewarganegaraannya  dan  pemerintahannya

                  dengan cara:

                   a.  Membekali pengetahuan  dan  keterampilan  yang  diperlukan

                      untuk berpartisipasi secara efektif;

                   b.  Membekali  pengalaman  praktis  yang  dirancang  untuk
                      mengembangkan kompetensi dan efektivitas pratisipasi;




                                                  28
   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38