Page 25 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 25

2.  Kemampuan berpartisipasi dalam lingkungan sekolah atau
                      masyarakat secara cerdas dan penuh tanggungjawab personal

                      dan sosial.

                  3.  Kemampuan mengambil keputusan individual dan atau

                      kelompok secara cerdas dan bertanggungjawab serta
                      bertanggungjawab.


                  4.  Siswa memiliki kemampuan membangun kerjasama dengan
                      dasar toleransi, saling pengertian, dan kepentingan bersama.


                  5.  Kemampuan berlomba-lomba untuk berprestasi lebih baik dan
                      lebih bermanfaat.


                  6.  Kemampuan menentang berbagai bentuk pelecehan terhadap

                      keterampilan warga negara (civil skills) dengan cara yang
                      dapat diterima secara sosial-budaya.


                  7.  Kemampuan memimpin dan memberikan dukungan.

                  8.  Kemampuan membangun saling pengertian antar suku, agama,

                      ras, dan golongan guna memelihara keutuhan dan semangat
                      kekeluargaan.


                  9.  Kemampuan berusaha untuk meningkatkan kemampuan
                      pribadi dan kegiatan sosial kultural dengan kesadaran untuk

                      berbuat lebih baik (Al Muchtar, dkk. 2009:9.5-9.6).
                      Winataputra mengemukakan uraian rinci materi pokok civil

                  knowledge dalam disertasinya sebagai berikut.

                   1.  Manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan makhluk
                      sosial,




                                                  20
   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30