Page 25 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 25
2. Kemampuan berpartisipasi dalam lingkungan sekolah atau
masyarakat secara cerdas dan penuh tanggungjawab personal
dan sosial.
3. Kemampuan mengambil keputusan individual dan atau
kelompok secara cerdas dan bertanggungjawab serta
bertanggungjawab.
4. Siswa memiliki kemampuan membangun kerjasama dengan
dasar toleransi, saling pengertian, dan kepentingan bersama.
5. Kemampuan berlomba-lomba untuk berprestasi lebih baik dan
lebih bermanfaat.
6. Kemampuan menentang berbagai bentuk pelecehan terhadap
keterampilan warga negara (civil skills) dengan cara yang
dapat diterima secara sosial-budaya.
7. Kemampuan memimpin dan memberikan dukungan.
8. Kemampuan membangun saling pengertian antar suku, agama,
ras, dan golongan guna memelihara keutuhan dan semangat
kekeluargaan.
9. Kemampuan berusaha untuk meningkatkan kemampuan
pribadi dan kegiatan sosial kultural dengan kesadaran untuk
berbuat lebih baik (Al Muchtar, dkk. 2009:9.5-9.6).
Winataputra mengemukakan uraian rinci materi pokok civil
knowledge dalam disertasinya sebagai berikut.
1. Manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan makhluk
sosial,
20