Page 24 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 24
Teladan
Pengembangan Tidak memberikan PKn hanya Tidak Kondusif,
Usia Remaja pengetahuan Kognitif sedikit orientasi pada
yang detail arahan uang, materi, dan
duniawi
Pembentukan Usia Banyak diserahkan PKn hanya Tidak kondusif
Dini pada Kognitif dan diserahkan
pembantu pada lingkungan
Berdasarkan tabel tersebut dan taksonomi tujuan pendidikan
maka pengembangan paradigma PKn: 1. Pengembangan
keterampilan pemecahan masalah yang terkait pada peran warga
negara dalam proses kebijakan publik (civic skills/psikomotor), 2.
Pengembangan wawasan kewarganegaraan (civic
knowledge/kognitif), dan 3. Pengembangan keterampilan partisipasi
kewarganegaraan (civic participation/afektif).
Winataputra mengemukakan uraian rinci materi pokok civic
skills dalam disertasinya sebagai berikut.
1. Kemampuan berkomunikasi secara argumentatif dalam bahasa
Indonesia yang baik dan benar atas dasar tanggungjawab
sosial.
19