Page 24 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 24

Teladan








             Pengembangan       Tidak memberikan  PKn hanya           Tidak Kondusif,

             Usia Remaja        pengetahuan         Kognitif sedikit   orientasi pada
                                yang detail         arahan            uang, materi, dan

                                                                      duniawi

             Pembentukan Usia  Banyak diserahkan  PKn hanya           Tidak kondusif
             Dini               pada                Kognitif          dan diserahkan

                                pembantu                              pada lingkungan

                         Berdasarkan tabel tersebut dan taksonomi tujuan pendidikan
                  maka  pengembangan  paradigma  PKn:  1.  Pengembangan

                  keterampilan  pemecahan  masalah  yang  terkait  pada  peran  warga

                  negara dalam proses kebijakan publik (civic skills/psikomotor), 2.
                  Pengembangan         wawasan         kewarganegaraan        (civic

                  knowledge/kognitif), dan 3. Pengembangan keterampilan partisipasi

                  kewarganegaraan (civic participation/afektif).



                         Winataputra mengemukakan uraian rinci materi pokok civic
                  skills dalam disertasinya sebagai berikut.


                  1.  Kemampuan berkomunikasi secara argumentatif dalam bahasa
                      Indonesia yang baik dan benar atas dasar tanggungjawab

                      sosial.







                                                  19
   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29