Page 22 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 22
khususnya pembelajaran. Hasil penelitian Noor (2010)
mengemukakan Dari hasil penelitian di lapangan melalui observasi,
dan dokumentasi bahwa model pembelajaran PKn yang diterapkan
oleh guru PKn lebih banyak menggunakan model pembelajaran
konvesional, mendikte, dan mencatat di papan tulis serta
memberikan contoh untuk menjelaskan nilai dalam membentuk
karakter peserta didik berdasarkan visi dan misi sekolah yang
diterjemahkan ke 18 indikator karakter peserta didik.
Model pembelajaran PKn dengan paradigm baru harus mampu
mencapai tujuan PKn secara maksimal. Model pembelajaran yang
dibuat merupakan kegiatan yang mencakup kegiatan kognitif,
afektif, dan psikomotor sehingga mampu membentuk karakter atau
jati diri peserta didik sesuai dengan UUD 1945 dan kearifan budaya
lokal. Model pembelajaran perlu disesuaikan dengan situasi dan
kondisi lingkungan dan kebutuhan peserta didik bahkan tingkat
perkembangannya. Guru dapat memodifikasi model dengan tidak
mengubah prinsip-prinsip pokok (Winataputra, dkk. 2008).
D. Pengembangan Aktivitas Belajar dalam Pembelajaran
Pembelajaran di dalam kelas dan lingkungan sekolah artinya
selama guru melakukan aktivitas pembelajaran mata pelajaran PKn
di sekolah dasar dan selama peserta didik melakukan aktivitas baik
di kelas maupun di lingkungan sekolah/madrasah ibtidaiyah.
Definisi pembelajaran pada hakekatnya adalah melakukan kegiatan
17