Page 18 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 18
Materi bertumpu pada kemampuan dasar yang akan
dibelajarkan untuk mencapai tujuan PKn, yakni membentuk warga
Negara yang cerdas, bertanggungjawab dan berpartisipasi dalam
kehidupan politik serta taat kepada nilai-nilai dan prinsip-prinsip
dasar demokrasi konstitusional Indonesia serta mampu beradaptasi
dengan era industri 4.0..
C. Meniti Pengembangan Model Pembelajaran Paradigma
Baru PKn
Standar kompetensi dan kompetensi dasar atau kompetensi inti
dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk
mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang
kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian serta era saat ini yaitu industri 4.0.
Sejarah revolusi industri dimulai dari industri 1.0, 2.0, 3.0, hingga
industri 4.0. Fase industri merupakan real change dari perubahan
yang ada. Industri 1.0 ditandai dengan mekanisasi produksi untuk
menunjang efektifitas dan efisiensi aktivitas manusia, industri 2.0
dicirikan oleh produksi massal dan standarisasi mutu, industri 3.0
ditandai dengan penyesuaian massal dan fleksibilitas manufaktur
berbasis otomasi dan robot. Industri 4.0 selanjutnya hadir
menggantikan industri 3.0 yang ditandai dengan cyber fisik dan
kolaborasi manufaktur (Hermann et al, 2015; Irianto, 2017). Istilah
industri 4.0 berasal dari sebuah proyek yang diprakarsai oleh
13