Page 14 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 14

kewarganegaraan  (civic  skills)  ,  karakter  kewarganegaraan  civic
                  dispositions)  yang  mampu  untuk  mengembangkan  pembangunan

                  karakter  bangsa,  pemberdayaan  warga  negara  dan  masyarakat
                  kewargaan.  PKn  yang  bermutu  inilah  merupakan  jati  diri  PKn

                  (Cholisin, .

                      Era Industri 4.0 mampu mempengaruhi pendidikan. Perubahan

                  yang dilakukan tidak hanya pada cara mengajar tetapi pada intinya

                  pada  konsep  dasar  pendidikan  itu  sendiri.  Pendidikan  khususnya
                  pembelajaran harus mampu diserap oleh peserta didik, tiga indikator

                  yang sangat penting: a) membuat peserta didik untuk dapat bekerja
                  dengan pekerjaan diluar kompetensinya; b) membuat peserta didik

                  untuk  bisa  memberikan  solusi  atau  pemecahan  masalah  terhadap
                  masalah  yang  dihadapi;  dan  c)  membuat  peserta  didik  dapat

                  menggunakan  dasar-dasar  teknologi  informasi  komunikasi.

                  Indikator tersebut harus mampu terjawab dengan kurikulum yang
                  telah  ada  khususnya  PKn  dengan  paradigma  baru.  PKn  dengan

                  paradigm baru bertumpu pada kemampuan dasar kewarganegaraan

                  (civic competence) untuk semua jenjang khususnya SD/MI.

                      Kemampuan dasar tersebut selanjutnya diuraikan atau dirinci

                  dalam  bentuk  sejumlah  kemampuan  disesuaikan  dengan
                  tingkat/jenjang sekolah sejalan dengan tingkat perkembangan para

                  peserta  didik.  Kemampuan  diuraikan  lagi  dalam  bentuk  butiran
                  standard materi dan kata kunci standar pencapaian.











                                                  9
   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19