Page 14 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 14
kewarganegaraan (civic skills) , karakter kewarganegaraan civic
dispositions) yang mampu untuk mengembangkan pembangunan
karakter bangsa, pemberdayaan warga negara dan masyarakat
kewargaan. PKn yang bermutu inilah merupakan jati diri PKn
(Cholisin, .
Era Industri 4.0 mampu mempengaruhi pendidikan. Perubahan
yang dilakukan tidak hanya pada cara mengajar tetapi pada intinya
pada konsep dasar pendidikan itu sendiri. Pendidikan khususnya
pembelajaran harus mampu diserap oleh peserta didik, tiga indikator
yang sangat penting: a) membuat peserta didik untuk dapat bekerja
dengan pekerjaan diluar kompetensinya; b) membuat peserta didik
untuk bisa memberikan solusi atau pemecahan masalah terhadap
masalah yang dihadapi; dan c) membuat peserta didik dapat
menggunakan dasar-dasar teknologi informasi komunikasi.
Indikator tersebut harus mampu terjawab dengan kurikulum yang
telah ada khususnya PKn dengan paradigma baru. PKn dengan
paradigm baru bertumpu pada kemampuan dasar kewarganegaraan
(civic competence) untuk semua jenjang khususnya SD/MI.
Kemampuan dasar tersebut selanjutnya diuraikan atau dirinci
dalam bentuk sejumlah kemampuan disesuaikan dengan
tingkat/jenjang sekolah sejalan dengan tingkat perkembangan para
peserta didik. Kemampuan diuraikan lagi dalam bentuk butiran
standard materi dan kata kunci standar pencapaian.
9