Page 13 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 13
persaingan antarbangsa yang semakin kompetitif. Tahun 2018 telah
memasuki era industri 4.0 dimana peningkatan peran teknologi.
Proses pembangunan karakter bangsa (national character
building) telah mendapat posisi dalam kebijakan pemerintahan, yang
tercantum dalam program revolusi mental. Pembentukan karakter
dapat diterjemahkan dalam materi-materi mata –pelajaran PKn di
sekolah dasar/MI. Materi-materi tersebut menyangkut yaitu
pembelajaran individu sebagai insan Tuhan Yang Maha Esa,
makhluk sosial dan warga Negara Indonesia; pembelajaran sejarah
perjuanmgan bangsa Indonesia dan semangat kebangsaan;
pembelajaran kerangka sosial budaya masyarakat Indonesia dan
kebangaan sebagai bangsa Indonesia; pembelajaran Pancasila dan
UUD NRI Tahun 1945; pembelajaran Hak Asasi Manusia;
pembelajaran demokrasi; hukum dan penengakkan hukum; dan
pembelajaran komunikasi sosial budaya Indonesia dan karakter WNI
baru ditransfer menjadi konseptual dan teoritik Civic Education
(PKn) telah lama jauh sebelum itu mengharuskan perlunya ketiga
komponen pokok tersebut, Branson, dkk. (1999) mengembangkan
PKn yang bermutu. Hal ini seperti yang diajukan oleh Center for
Civic Education pada tahun 1994 dalam National Standards for
Civics and Government. Ketiga komponen pokok tersebut, yaitu
civic knowledge, civic skills, dan civic dispositions. PKn paradigma
baru ini sering dikenal sebagai PKn yang bermutu. Dikatakan PKn
yang bermutu karena memiliki pengetahuan kewarganegaraan
(civic knowledge), yang berbasis pada keilmuan yang jelas dan
relevan bagi masyarakat demokratis, memiliki ketrampilan
8