Page 12 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 12
(active student learning). Model pembelajaran dengan paradigma
baru memiliki karakteristik yaitu membelajarkan dan melatih peserta
didik berpikir kritis, membawa peserta didik mengenal, memilih dan
memecahkan masalah, melatih peserta didik dalam berpikir sesuai
dengan metode ilmiah dan keterampilan sosial.
Joyce & Weil (Rusman, 2014) mengemukakan bahwa model
pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan
untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka
panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing
pembelajaran di kelas atau yang lain. Pembelajaran sebagai sistem.
Pembelajaran pembelajaran terdiri dari sejumlah komponen yang
terorganisir antara lain tujuan pembelajaran, materi pembelajaran,
strategi dan metode pembelajaran, media pembelajaran/alat peraga,
pengorganisasian kelas, evaluasi pembelajaran, dan tindak lanjut
pembelajaran (remedial dan pengayaan). Jadi pembelajaran
merupakan inti dari model pembelajaran. Model pembelajaran
merupakan bingkai dari pendekatan, strategi, metode, teknik, dan
taktik yang akan diterapkan dalam proses kegiatan interaksi belajar
antara tenaga pendidik dengan peserta didik sehingga materi yang
disampaikan akan sampai pada peserta didik.
Materi dikembangkan berdasarkan paradigm baru PKn di
sekolah dasar. Pradigma baru mengadopsi dinamika perkembangan
kehidupan berbangsa dan bernegara yang ditandai telah
dilaksanakannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) mulai tahun
2016 dikawasan Asia Tenggara artinya semakin terbukanya
7