Page 7 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 7

Martiyono  (2012)  mengemukakan  pembelajaran  adalah  upaya
                  mempersiapkan peserta didik untuk menjadi warga masyarakat yang

                  baik  melalui  belajar  interaktif  melibatkan  potensi  internal  dan
                  eksternal untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

                         Perkembangan  pembelajaran  dipengaruhi  oleh  teknologi

                  informasi dan komunikasi. Pembelajaran di kelas tidak akan berhasil
                  apabila  pembelajaran  masih  monoton  menerapkan  model

                  pembelajaran  konvensional.  Model  pembelajaran  konvensional
                  adalah  proses  pembelajaran  yang  dilakukan  hanya  menerapkan

                  ceramah  sebagai  aktivitas  mengajar  guru  sehingga  peserta  didik
                  tidak bertambah pengetahuan dan wawasannya, tidak bersemangat

                  dan  termotivasi,  dan  tidak  berinteraksi  secara  aktif  dan  berpikir

                  kritis. Perkembangan peserta didik didukung pengembangan model
                  pembelajaran  inovatif  berbasis  penguasaan  teknologi  sesuai

                  perkembangan era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) menuju Era

                  Industri 4.0.
                         Pembelajaran dengan menerapkan aktivitas ceramah masih

                  diperlukan  tetapi  juga  menerapkan  strategi-strategi  pembelajaran
                  yang  inovatif,  kreatif,  dan  menyenangkan  sehingga  peserta  didik

                  dapat mencapai  kompetensi penuh sesuai dengan taksonomi tujuan
                  pendidikan.  Strategi  pembelajaran  yang  inovatif,  kreatif,  dan

                  menyenangkan dapat mendukung proses pembelajaran yang dapat

                  membentuk pengetahuan dan wawasan, krakteristik












                                                  2
   2   3   4   5   6   7   8   9   10   11   12