Page 7 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 7
Martiyono (2012) mengemukakan pembelajaran adalah upaya
mempersiapkan peserta didik untuk menjadi warga masyarakat yang
baik melalui belajar interaktif melibatkan potensi internal dan
eksternal untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Perkembangan pembelajaran dipengaruhi oleh teknologi
informasi dan komunikasi. Pembelajaran di kelas tidak akan berhasil
apabila pembelajaran masih monoton menerapkan model
pembelajaran konvensional. Model pembelajaran konvensional
adalah proses pembelajaran yang dilakukan hanya menerapkan
ceramah sebagai aktivitas mengajar guru sehingga peserta didik
tidak bertambah pengetahuan dan wawasannya, tidak bersemangat
dan termotivasi, dan tidak berinteraksi secara aktif dan berpikir
kritis. Perkembangan peserta didik didukung pengembangan model
pembelajaran inovatif berbasis penguasaan teknologi sesuai
perkembangan era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) menuju Era
Industri 4.0.
Pembelajaran dengan menerapkan aktivitas ceramah masih
diperlukan tetapi juga menerapkan strategi-strategi pembelajaran
yang inovatif, kreatif, dan menyenangkan sehingga peserta didik
dapat mencapai kompetensi penuh sesuai dengan taksonomi tujuan
pendidikan. Strategi pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan
menyenangkan dapat mendukung proses pembelajaran yang dapat
membentuk pengetahuan dan wawasan, krakteristik
2