Page 60 - Teknik Creative Problem Solving
P. 60
Teknik Creative Problem Solving
Pengamatan langsung seorang konseli di kelas atau di ruang BK,
dikombinasikan dengan penggunaan pra-intervensi yaitu evaluasi,
berikan gambaran singkat tentang situasi tanpa mengganggu dengan
instruksi atau mengambil banyak waktu. Sekali strategi CPS telah
diterapkan untuk waktu yang cukup, konselor dapat lagi
menggunakan formulir Evaluasi Dampak CPS sebagai pengukuran
setelah intervensi. Perbandingan respons pra-pasca menawarkan
penilaian yang relative sederhana dan cepat tentang dampak yang
dirasakan dari penggunaan CPS.
Santangelo, (2009) Penggunaan CPS telah terbukti memiliki
banyak manfaat. Ini termasuk (a) penurunan jumlah konseli yang
disaring, diuji, dan dinyatakan memenuhi syarat untuk menerima
layanan pendidikan khusus; (b) pengurangan disproporsionalitas;
dan (c) akademik dan perbaikan perilaku di antara konseli yang
dirujuk.
Menurut Ormsbee & Haring (Santangelo, 2009) manfaat bagi
konselor termasuk peningkatan profesional dukungan dan
kolaborasi. Ingalls & Hammond (Santangelo, 2009) juga sebagai
repertoar keterampilan yang diperluas yang berkaitan dengan
strategi pengajaran, manajemen perilaku, dan penilaian.
Menurut Rock & Zigmond (Santangelo, 2009) Temuan yang
berbeda dari beberapa penelitian mencerminkan pemahaman yang
berkembang dari penggunaan CPS dipengaruhi oleh interaksi yang
kompleks di antara banyak faktor. Jadi, daripada mencari dan
menggolongkan CPS secara umum sebagai efektif atau tidak efektif,
lebih bermanfaat untuk memeriksa faktor-faktor yang terbukti
memengaruhi implementasi dan keberlanjutan pengunaan model
CPS.
Beberapa faktor terbukti mempengaruhi apakah CPS
diterapkan secara efektif dan, pada gilirannya, memfasilitasi hasil
53