Page 76 - Bimbingan Spiritual Logoterapi Kearifan Lokal
P. 76

Bimbingan Spiritual: Logoterapi Kearifan Lokal

                 menjadi tersia-siakan.
                3.  Perkembangan Individu

                     Perkembangan  individu berkenaan  dengan  proses
                 tumbuh  dan berkembangnya individu yang  merentang
                 sejak masa konsepsi  (pra natal)  hingga akhir hayatnya,
                 diantaranya meliputi aspek fisik dan psikomotorik, bahasa
                 dan kognitif/kecerdasan, moral dan sosial.
                     Beberapa teori tentang perkembangan individu yang
                 dapat  dijadikan sebagai  rujukan,  diantaranya  : (1) Teori
                 dari  McCandless  tentang  pentingnya dorongan biologis
                 dan kultural dalam  perkembangan individu;  (2)  Teori
                 dari Freud tentang  dorongan  seksual;  (3) Teori  dari
                 Erickson  tentang  perkembangan psiko-sosial;  (4)  Teori
                 dari  Piaget tentang perkembangan kognitif;  (5)  teori
                 dari Kohlberg  tentang  perkembangan  moral;  (6) teori
                 dari Zunker tentang perkembangan karier; (7) Teori dari
                 Buhler tentang perkembangan sosial;  dan (8)  Teori  dari
                 Havighurst tentang  tugas-tugas perkembangan  individu
                 semenjak masa bayi sampai dengan masa dewasa.
                     Dalam  menjalankan tugas-tugasnya, konselor  harus
                 memahami  berbagai  aspek  perkembangan  individu yang
                 dilayaninya sekaligus  dapat  melihat  arah perkembangan
                 individu itu di masa depan, serta keterkaitannya dengan
                 faktor pembawaan dan lingkungan.
                4.  Belajar

                     Belajar merupakan salah satu konsep yang amat
                 mendasar dari psikologi. Manusia belajar untuk hidup.
                 Tanpa belajar, seseorang tidak akan dapat mempertahankan
                 dan mengembangkan dirinya, dan dengan belajar
                 manusia mampu berbudaya dan mengembangkan harkat
                 kemanusiaannya. Inti perbuatan belajar adalah upaya untuk
                 menguasai sesuatu yang baru dengan memanfaatkan yang
                 sudah ada pada diri individu. Penguasaan yang baru itulah
                 tujuan belajar dan pencapaian sesuatu yang baru itulah

                                                                   69
   71   72   73   74   75   76   77   78   79   80   81