Page 130 - Evaluasi Pembelajaran
P. 130

cabang ilmu yang belum begitu baik pengukurannya. Batasan
            tersebut  juga  tergantung  dari  pendekatan  atau  rumus  yang
            digunakan    dalam    menghitung     koefisien   reliabilitas.
            Penggunaan  rumus  Spearman-Brown  yang  cenderung
            overestimate  misalnya,  akan  membutuhkan  batasan minimal
            koefisien reliabilitas yang lebih tinggi.
               Sebagai  patokan  umum  tingkat  reliabilitas,  dapat  pula
            digunakan  kriteria  yang  umumnya  digunakan  untuk
            menginterpretasi tingkat korelasi, yakni sebagai berikut:
                        Tabel 5.7. Tabel kriteria reliabilitas instrumen
             Koefisien reliabilitas (r)       Kriteria
             < 0,200                          Sangat jelek

             0,200 – 0,399                    Jelek
             0,400 – 0,599                    Cukup
             0,600 – 0,799                    Baik
             0,800 – 1,000                    Sangat baik


               Sekali lagi, kriteria di atas hanya dapat dijadikan sebagai
            patokan    umum     saja.   Sebagaimana   telah   dijelaskan
            sebelumnya,  ditolak  atau  diterimanya  koefisien  reliabilitas
            instrumen,  juga  tergantung  dari  cabang  ilmu  yang  diukur,
            pendekatan  atau  rumus  yang  digunakan  dalam  perhitungan
            beserta  asumsi-asumsi  dasar  yang  digunakan  dalam
            perhitungan.
               Sebagian    besar   perhitungan   koefisien   reliabilitas
            menggunakan  asumsi-asumsi  dasar  ilmu  statistika,  dengan
            skor  hasil  pengukuran  berdistrbusi  Normal  yang  akan
            tercapai pada jumlah pengulangan pengulangan yang sangat
            banyak.  Pada  kenyataannya,  sulit  bagi  evaluator  untuk
            menggunakan  instrumen  yang  sama  sebanyak-banyaknya
            atau  tak  terhingga  kali  kepada  peserta  tes  atau  responden
            yang sama. Selain karena terbatasnya waktu dan sumberdaya


                                                                   119
   125   126   127   128   129   130   131   132   133   134   135