Page 130 - Evaluasi Pembelajaran
P. 130
cabang ilmu yang belum begitu baik pengukurannya. Batasan
tersebut juga tergantung dari pendekatan atau rumus yang
digunakan dalam menghitung koefisien reliabilitas.
Penggunaan rumus Spearman-Brown yang cenderung
overestimate misalnya, akan membutuhkan batasan minimal
koefisien reliabilitas yang lebih tinggi.
Sebagai patokan umum tingkat reliabilitas, dapat pula
digunakan kriteria yang umumnya digunakan untuk
menginterpretasi tingkat korelasi, yakni sebagai berikut:
Tabel 5.7. Tabel kriteria reliabilitas instrumen
Koefisien reliabilitas (r) Kriteria
< 0,200 Sangat jelek
0,200 – 0,399 Jelek
0,400 – 0,599 Cukup
0,600 – 0,799 Baik
0,800 – 1,000 Sangat baik
Sekali lagi, kriteria di atas hanya dapat dijadikan sebagai
patokan umum saja. Sebagaimana telah dijelaskan
sebelumnya, ditolak atau diterimanya koefisien reliabilitas
instrumen, juga tergantung dari cabang ilmu yang diukur,
pendekatan atau rumus yang digunakan dalam perhitungan
beserta asumsi-asumsi dasar yang digunakan dalam
perhitungan.
Sebagian besar perhitungan koefisien reliabilitas
menggunakan asumsi-asumsi dasar ilmu statistika, dengan
skor hasil pengukuran berdistrbusi Normal yang akan
tercapai pada jumlah pengulangan pengulangan yang sangat
banyak. Pada kenyataannya, sulit bagi evaluator untuk
menggunakan instrumen yang sama sebanyak-banyaknya
atau tak terhingga kali kepada peserta tes atau responden
yang sama. Selain karena terbatasnya waktu dan sumberdaya
119