Page 27 - BK PRIBADI SOSIAL Biblioterapi, Melalui Kisah Pribadi Diasah
P. 27

yang  dibawa sejak  lahir  dan  merupakan  hasil  dari
                    keturunan, yang mencakup aspek psiko-fisik, seperti
                    struktur  otot,  warna  kulit,  golongan  darah,  bakat,
                    kecerdasan,  atau  ciri-ciri-kepribadian  tertentu.
                    Pembawaan pada dasarnya bersifat potensial yang
                    perlu  dikembangkan  dan  untuk  mengoptimalkan
                    dan  mewujudkannya  bergantung  pada  lingkungan
                    dimana  individu  itu  berada.  Pembawaan  dan
                    lingkungan setiap individu akan berbeda-beda. Ada
                    individu yang memiliki pembawaan yang tinggi dan
                    ada pula yang sedang atau bahkan rendah. Misalnya
                    dalam kecerdasan, ada yang sangat tinggi (jenius),
                    normal  atau  bahkan  sangat  kurang  (debil,  embisil
                    atau ideot). Demikian pula dengan lingkungan, ada
                    individu  yang  dibesarkan  dalam  lingkungan  yang
                    kondusif  dengan  sarana  dan  prasarana  yang
                    memadai,  sehingga  segenap  potensi  bawaan  yang
                    dimilikinya  dapat  berkembang  secara  optimal.
                    Namun  ada  pula  individu  yang  hidup  dan  berada
                    dalam  lingkungan  yang  kurang  kondusif  dengan
                    sarana dan prasarana yang serba terbatas sehingga
                    segenap  potensi  bawaan  yang  dimilikinya  tidak
                    dapat berkembang dengan baik dan menjadi tersia-
                    siakan.
                    c.  Perkembangan Individu

                       Perkembangan  individu  berkenaan  dengan
                    proses  tumbuh  dan  berkembangnya individu  yang
                    merentang  sejak  masa  konsepsi  (pranatal)  hingga
                    akhir hayatnya, diantaranya meliputi aspek fisik dan
                    psikomotorik,  bahasa  dan  kognitif/kecerdasan,
                    moral  dan  sosial.  Beberapa  teori  tentang
                    perkembangan  individu  yang  dapat  dijadikan

                                      16
   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31   32