Page 28 - BK PRIBADI SOSIAL Biblioterapi, Melalui Kisah Pribadi Diasah
P. 28

sebagai  rujukan,  diantaranya:  (1)  Teori  dari
                      McCandless  tentang  pentingnya  dorongan  biologis
                      dan  kultural  dalam  perkembangan  individu;  (2)
                      Teori dari Freud tentang dorongan seksual; (3) Teori
                      dari  Erickson  tentang  perkembangan  psiko-sosial;
                      (4)  Teori  dari  Piaget  tentang  perkembangan
                      kognitif;   (5)   teori   dari   Kohlberg   tentang
                      perkembangan moral; (6) teori dari Zunker tentang
                      perkembangan karier; (7) Teori dari Buhler tentang
                      perkembangan sosial; dan (8) Teori dari Havighurst
                      tentang   tugas-tugas   perkembangan    individu
                      semenjak masa bayi sampai dengan masa dewasa.
                          Dalam  menjalankan  tugas-tugasnya,  konselor
                      harus  memahami  berbagai  aspek  perkembangan
                      individu  yang  dilayaninya  sekaligus  dapat  melihat
                      arah perkembangan individu itu di masa depan serta
                      keterkaitannya  dengan  faktor  pembawaan  dan
                      lingkungan.
                      d.  Belajar

                         Belajar merupakan salah satu konsep yang amat
                      mendasar  dari  psikologi.  Manusia  belajar  untuk
                      hidup.  Tanpa  belajar,  seseorang  tidak  akan  dapat
                      mempertahankan dan mengembangkan dirinya, dan
                      dengan  belajar  manusia  mampu  berbudaya  dan
                      mengembangkan  harkat  kemanusiaannya.  Inti
                      perbuatan  belajar  adalah  upaya  untuk  menguasai
                      sesuatu  yang  baru  dengan  memanfaatkan  yang
                      sudah ada pada diri individu. Penguasaan yang baru
                      itulah  tujuan  belajar  dan  pencapaian sesuatu  yang
                      baru itulah tanda-tanda perkembangan, baik dalam
                      aspek        kognitif,     afektif      maupun


                                         17
   23   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33