Page 29 - BK PRIBADI SOSIAL Biblioterapi, Melalui Kisah Pribadi Diasah
P. 29

psikomotor/keterampilan. Untuk terjadinya proses
                    belajar  diperlukan  prasyarat  belajar,  baik  berupa
                    prasyarat   psiko-fisik   yang   dihasilkan   dari
                    kematangan atau pun hasil belajar sebelumnya.

                      Untuk memahami tentang hal-hal yang berkaitan
                    dengan belajar terdapat beberapa teori belajar yang
                    bisa dijadikan rujukan, diantaranya adalah: (1) Teori
                    Belajar Behaviorisme; (2) Teori Belajar Kognitif atau
                    Teori Pemrosesan Informasi; dan (3) Teori Belajar
                    Gestalt. Dewasa ini mulai berkembang teori belajar
                    alternatif konstruktivisme.
                    e.  Kepribadian

                       Hingga  saat  ini  para  ahli  tampaknya  masih
                    belum  menemukan  rumusan  tentang  kepribadian
                    secara  bulat  dan  komprehensif.  Dalam  suatu
                    penelitian kepustakaan yang dilakukan oleh Gordon
                    W. Allport (Calvin S. Hall dan Gardner Lindzey, 2005)
                    menemukan hampir 50 definisi tentang kepribadian
                    yang  berbeda-beda.  Berangkat  dari  studi  yang
                    dilakukannya,  akhirnya  dia  menemukan  satu
                    rumusan  tentang  kepribadian yang  dianggap  lebih
                    lengkap. Menurut pendapat dia bahwa kepribadian
                    adalah  organisasi  dinamis  dalam  diri  individu
                    sebagai sistem psiko-fisik yang menentukan caranya
                    yang  unik  dalam  menyesuaikan  diri  terhadap
                    lingkungannya.   Kata   kunci   dari   pengertian
                    kepribadian  adalah  penyesuaian  diri.  Scheneider
                    dalam   Syamsu    Yusuf   (2003)   mengartikan
                    penyesuaian  diri  sebagai  “suatu  proses  respons
                    individu  baik  yang  bersifat  behavioral  maupun
                    mental  dalam  upaya  mengatasi  kebutuhan-


                                      18
   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34