Page 50 - BK PRIBADI SOSIAL Biblioterapi, Melalui Kisah Pribadi Diasah
P. 50
b. Tujuan bimbingan dan konseling yang terkait
dengan aspek akademik (belajar) adalah:
1) Memiliki kesadaran tentang potensi diri
dalam aspek belajar, dan memahami
berbagai hambatan yang mungkin muncul
dalam proses belajar yang dialaminya.
2) Memiliki sikap dan kebiasaan belajar yang
positif, seperti kebiasaan membaca buku,
disiplin dalam belajar, mempunyai
perhatian terhadap semua pelajaran, dan
aktif mengikuti semua kegiatan belajar
yang diprogramkan.
3) Memiliki motif yang tinggi untuk belajar
sepanjang hayat.
4) Memiliki keterampilan atau teknik belajar
yang efektif, seperti keterampilan membaca
buku, mengggunakan kamus, mencatat
pelajaran, dan mempersiapkan diri
menghadapi ujian.
5) Memiliki keterampilan untuk menetapkan
tujuan dan perencanaan pendidikan,
seperti membuat jadwal belajar,
mengerjakan tugas-tugas, memantapkan
diri dalam memperdalam pelajaran
tertentu, dan berusaha memperoleh
informasi tentang berbagai hal dalam
rangka mengembangkan wawasan yang
lebih luas.
6) Memiliki kesiapan mental dan kemampuan
untuk menghadapi ujian.
39