Page 66 - Makna Sosial Burung Enggang
P. 66
c. Prosedur Cluster of Meaning: setelah peneliti mendapatkan
point-point penting dari data penelitian khususnya dari hasil
interviu, peneliti membuat klasifikasi keterangan-keterangan
yang diberikan subjek dan informan ke dalam toik-topik
atau komponen-komponen makna, serta menyisihkan
penyataan yang tumpang tindih atau berulang-ulang. Pada
tahap ini, dilakukan: (a) Textural description (deskripsi
tekstural): Peneliti menuliskan apa yang dialami, yakni
deskripsi tentang apa yang dialami subjek dan informan
penelitian (b) Structural description (deskripsi struktural):
Penulis menuliskan bagaimana fenomena itu dialami oleh
para subjek dan informan penelitian. Peneliti juga mencari
segala makna yang mungkin berdasarkan refleksi si peneliti
sendiri, berupa opini, penilaian, perasaan, harapan subjek
dan informan penelitian tentang fenomena yang dialaminya.
Menurut Mauthner & Doucet (Korstjens & Moser, 2018)
Peneliti harus mengakui pentingnya menjadi sadar diri dan
refleksif tentang peran peneliti sendiri dalam proses pengumpulan.
Peneliti dalam studi makna burung enggang pada saat melakukan
wawancara berusaha untuk memberikan perhatian kepada
subjek dan informan penelitian, peneliti juga berusahan untuk
mengelola diri dalam mengidentifikasi kondisi keadaan subjek
dan informan. Selain itu, peneliti bertanggungjawab untuk
menganalisis hasil wawancara dengan baik. Pada tahap analisis data
hasil wawancara, observasi dan dokumentasi studi makna sosial
batik burung enggang, peneliti melakukan analisnterpretasi data,
peneliti menjabarkan kondisi yang berkaitan dengan makna sosial
batik burung enggang menurut subjek dan informan penelitian.
Hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dituangkan dalam
tulisan. Selanjutnya peneliti pada tahap analisis data terhadap hasil
wawancara, observasi dan dokumentasi dalam tulisan berbentuk
transkrip melakukan koding terhadap point-point penting yang
menjadi fokus dalam studi makna sosial batik burung enggang.
Makna Sosial Burung Enggang dalam Batik Masyarakat Dayak... | 53