Page 69 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 69

tergantung  dan  sinergis.  Seharusnya  tidak  ada  tembok  atau
                           hambatan,  meskipun  fungsinya  sering  berbeda,  di  antara  jenis
                           komunikasi  ini,  karena  keduanya  pada  akhirnya  diperlukan  untuk
                           mendorong bisnis ke depan.
                                  Strategi komunikasi menurut Rogers (Wijaya, 2015) adalah
                           suatu  rancangan  yang  dibuat  untuk  mengubah  tingkah  laku
                           manusia dalam skala yang lebih besar melalui transfer ide-ide baru.
                           Sedangkan menurut  Middleton  (Wijaya,  2015)  strategi  komunikasi
                           adalah kombinasi yang terbaik dari semua elemen komunikasi dari
                           komunikator,  pesan,  saluran  penerima  sampai  pada  pengaruh
                           (efek) yang dirancang untuk mencapai tujuan komunikasi optimal.
                                  Corder  (Aladin,  2012)  mendefinisikan  strategi  komunikasi
                           sebagai  satu  teknik  yang  sistematik  yang  digunakan  oleh
                           komunikator    untuk  menyampaikan  maksud  apabila  menghadapi
                           kesusahan dalam menyampaikan pesan.

                           Langkah Melaksanakan Strategi Komunikasi

                                  Menurut    Schemerhorn      (Rosilawati,   2008)    strategi
                           perencanaan mencakup 5 hal:
                           1.  Mengidentikasi tujuan dan sasaran
                           2.  Menilai  kinerja  saat  ini  dibandingkan  dengan  tujuan  dan
                               sasaran
                           3.  Menciptakan perencanaaan strategi untuk mencapai tujuan dan
                               sasaran
                           4.  Mengimple-mentasikan perencanaan strategi
                           5.  Mengevaluasi  hasil  dan  memperbaiki  proses  perencanaan
                               strategi organisasi.

                                  Menurut Robbins (2011:6) pengelolaan organisasi dilakukan
                           dengan  penyusuanan  serangkaian  strategi  berdasarkan  keempat
                           perspektif, yakni:
                           1.  Strategi finansial



                           62                                      Iklim Komunikasi Organisasi
   64   65   66   67   68   69   70   71   72   73   74