Page 64 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 64

Kesimpulan


                   Melalui  komunikasi  maka  dapat  memberikan  keterangan
            tentang  pekerjaan  yang  membuat  karyawan  dapat  bertindak
            dengan  rasa  tanggung  jawab  pada  diri  sendiri  yang  pada  waktu
            bersamaan dapat mengembangkan semangat kerja para keryawan.
            Adanya  kerja  sama  yang  harmonis  ini  diharapkan  dapat
            meningkatkan kerja para pegawai, karena komunikasi berhubungan
            dengan  keseluruhan  proses  pembinaan  perilaku  manusia  dalam
            organisasi.  Mengelola  hubungan  melalui  komunikasi  yang  efektif
            yang  dilakukan  anggota  organisasi  dengan  lingkungannya,
            merupakan  tindakan  yang  tepat.  Untuk  membina  hubungan
            tersebut,  di  dalam  komunikasi  organisasional  dikenal  konsep
            human  relations  yang  dapat  menciptakan  iklim  organisasi  yang
            kondusif, yang tentunya sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan
            organisasi secara keseluruhan.

            Latihan
                1.  Jelaskanpengertian komunikasi organisasi
                2.  Bagaimana  bisa  dikatakan  bagwa  iklim  komunikasi  dapat
                    mempengaruhi sebuahorganisasi, buatlah contoh.
                3.  Jelaskan dimensi iklim komunikasi organisasi.
                4.  Jelaskan yang dimaksud dengan jaringan komunikasi.




















            Iklim Komunikasi Organisasi                                    57
   59   60   61   62   63   64   65   66   67   68   69