Page 62 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 62

relevan  dengan  kedudukan  mereka.  Para  pegawai  di  semua
                 tingkat   harus   diberi   kesempatan    berkomunikasi    dan
                 berkonsultasi  dengan  manajemen  di  atas  mereka  agar
                 berperan  serta  dalam  proses  pembuatan  keputusan  dan
                 penentuan tujuan.
             3.  Kejujuran
                 Suasana  umum  yang  diliputi  kejujuran  dan  keterusterangan
                 harus  mewarnai  hubungan-hubungan  dalam  organisasi,  dan
                 para  pegawai  mampu  mengatakan  ‖apa  yang  ada  dalam
                 pikiran mereka― tanpa mengindahkan apakah mereka berbicara
                 kepada teman sejawat, bawahan, atau atasan.
             4.  Keterbukaan terhadap komunikasi ke bawah
                 Kecuali  untuk  informasi  rahasia,  anggota  organisasi  harus
                 relatif  mudah  memperoleh  informasi  yang  berhubungan
                 langsung dengan tugas mereka saat itu, yang mempengaruhi
                 kemampuan  mereka  untuk  mengkoordinasikan  pekerjaan
                 mereka  dengan  orang-orang  atau  bagian-bagian  lainnya,  dan
                 yang  berhubungan  luas  dengan  perusahaan,  organisasinya,
                 para pemimpin dan rencana-rencana.
             5.  Mendengarkan dalam komunikasi ke atas
                 Personel  di  setiap  tingkatan  dalam  organisasi  harus
                 mendengarkan  saran-saran  atau  laporan-laporan  masalah
                 yang  dikemukakan  personel  di  setiap  tingkat  bawahan  dalam
                 organisasi,  secara  berkesinambungan  dan  dengan  pikiran
                 terbuka.  Informasi  dari  bawahan  harus  dipandang  cukup
                 penting  utuk  dilaksanakan  kecuali  ada  petujuk  yang
                 berlawanan.
             6.  Perhatian pada tujuan-tujuan berkinerja tinggi
                 Personel   di   semua    tingkat   dalam   organisasi   harus
                 menunjukkan     suatu   komitmen     terhadap    tujuan-tujuan
                 berkinerja  tinggi-produktivitas  tinggi,  kualitas  tinggi,  biaya
                 rendah-demikian  pula  menunjukkan  perhatian  besar  pada
                 anggota organisasi lainnya.



            Iklim Komunikasi Organisasi                                    55
   57   58   59   60   61   62   63   64   65   66   67