Page 58 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 58

dalam suatu organisasi dihubungkan oleh manusia. Oleh karena itu
            hubungan  manusia  dalam  organisasi  yang  memfokuskan  kepada
            tingkah  laku  komunikasi  dari  orang  yang  terlibat  suatu  hubungan
            perlu  dipelajari.  Sikap,  skill,  moral  dari  seseorang,  mempengaruhi
            dan dipengaruhi oleh hubungan yang bersifat organisasi. Hubungan
            manusia dalam organisasi berkisar mulai dari yang sederhana yaitu
            hubungan  di  antara  dua  orang  sampai  kepada  hubungan  yang
            kompleks.  Jadi  dalam  organisasi  terjadi  hubungan  yang  sifatnya
            individual, kelompok, dan hubngan organisasi.
                  Lingkungan, yang dimaksud adalah semua totalitas secar fisik
            dan faktor sosial yang diperhitungkan dalam pembuatan keputusan
            mengenai  individu  dalam  suatu  sistem  yang  termasuk  lingkungan
            internal  adalah  personal/anggota,  tujuan,  produk,  dll.  Sedangkan
            lingkungan  eksternal  adalah;  langganan,  saingan,  teknologi,  dll.
            Komunikasi organisasi terutama bekenaan dengann transaksi yang
            terjadi  dalam  lingkungan  internal  organisasi  yang  terdiri  dari
            organisasi dan kulturnya, dan antar organisasi dengan lingkungan
            ekternalnya. Yang dimaksud dengan kultur organisasi adalah pola
            kepercayaan  dan  harapan  dari  anggota  organisasi  yang
            menghasilkan norma-norma yang membentuk tingkah laku individu
            dan kelompok dalam  organisasi.  Organisasi  sebagai  suatu  sistem
            terbuka  harus  berinteraksi  dengan  lingkungan  eksternal  seperti;
            teknologi,  ekonomi,  undang-undang,  dan  faktor  sosial.  Karena
            faktor  lingkungan  berubah-ubah,  maka  organisasi  memerlukan
            informasi  baru.  Informasi  ini  harus  dapat  mengatasi  perubahan
            dalam lingkungan dengan menciptakan dan pertukaran pesan baik
            secara  internal  dalam  unit-unit  yang  relevan  maupun  terhadap
            kepentingan umum secara eksternal.
                  Ketidak pastian dalam suatu organisasi juga disebabkan oleh
            terjadinya banyak informasi yang diteima dari pada sesungguhnya
            diperlukan    untuk   menghadapi      lingkungan   mereka.     Jadi
            ketidakpastian dapat disebabkan oleh terlalu sedikit informasi yang
            didapatkan dan juga karena terlalu banyak yang diterima.



            Iklim Komunikasi Organisasi                                     51
   53   54   55   56   57   58   59   60   61   62   63