Page 53 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 53

Kesimpulan


                                  Lembaga  penyiaran  merupakan  media  komunikasi  massa
                           yang  mempunyai  peran  penting  dalam  kehidupan  sosial,  budaya,
                           politik,  dan  ekonomi,  memiliki  kebebasan  dan  tanggung  jawab
                           dalam menjalankan fungsinya sebagai media informasi, pendidikan,
                           hiburan, serta kontrol dan perekat sosial. Siaran yang dipancarkan
                           dan  diterima  secara  bersamaan,  serentak  dan  bebas,  memiliki
                           pengaruh  yang  besar  dalam  pembentukan  pendapat,  sikap,  dan
                           perilaku   khalayak,   maka    penyelenggara    penyiaran    wajib
                           bertanggung jawab dalam menjaga nilai moral, tata susila, budaya,
                           kepribadian  dan  kesatuan  bangsa  yang  berlandaskan  kepada
                           Ketuhanan  Yang  Maha  Esa  dan  Kemanusiaan  yang  Adil  dan
                           Beradab. Lembaga penyiaran publik membuka ruang publik (public
                           sphere) dengan memberikan hak memperoleh informasi yang benar
                           (right to know) dan menyampaikan pendapat atau aspirasi (right to
                           express)  bagi  masyarakat  sehingga  menempatkan  masyarakat
                           sebagai warga negara.

                           Latihan

                              1.  Sebutkan jenis lembaga penyiaran di Indonesia
                              2.  Mengapa  public  sphere  disebut  sebagai  pelayanan  publik
                                  bersifat universalisme?
                              3.  Berikan   contoh    tentang   pelayanan    publik   bersifat
                                  universalisme.
                              4.  Bagaimana  bisa  dikatakansiaran  yang  dipancarkan  dapat
                                  pengaruh yang besar dalam pembentukan pendapat, sikap,
                                  dan perilaku?









                           46                                      Iklim Komunikasi Organisasi
   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58