Page 56 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 56

tone  (negative  voice  tone)  akan  membawa  dampak  yang  kuat
            terhadap penerima pesan.

            Iklim Komunikasi Organisasi


                   Dari  sini  dapat  dilihat  bahwa  iklim  komunikasi  di  dalam
            sebuah  organisasi  itu  perlu  untuk  diperhatikan  agar  dapat
            menciptakan  sebuah  organisasi  yang  efektif.  Di  dalam  buku
            komunikasi  organisasi  yang  ditulis  oleh  Pace  dan  Faules
            menegaskan  hal  ini  dengan  mengemukakan  bahwa  iklim
            komunikasi tertentu memberi pedoman bagi keputusan dan perilaku
            individu.  Keputusan-keputusan  yang  diambil  oleh  anggota
            organisasi  untuk  melaksanakan  pekerjaan  mereka  secara  efektif,
            untuk mengikatkan diri mereka dengan organisasi, untuk bersikap
            jujur  dalam  bekerja,  untuk  meraih  kesempatan  dalam  organisasi
            secara  bersemangat,  untuk  mendukung  para  rekan  dan  anggota
            organisasi  lainnya,  untuk  melaksanakan  tugas  secara  kreatif,  dan
            untuk menawarkan gagasan-gagasan inovatif bagi penyempurnaan
            organisasi  dan  operasinya,  semua  ini  dipengaruhi  oleh  iklim
            komunikasi.  Iklim  yang  negatif  dapat  benar-benar  merusak  yang
            dibuat  anggota  organisasi  mengenai  bagaimana  mereka  akan
            bekerja  dan  berpartisipasi  untuk  organisasi.  (Pace  dan  Faules,
            2002)
                   Iklim komunikasi yang penuh rasa persaudaraan mendorong
            para  anggota  organisasi  untuk  berkomunikasi  sercara  terbuka,
            rileks,  ramah  dengan  anggota  yang  lain.  Sedangkan  iklim
            komunikasi  yang  negatif  menjadikan  anggota  tidak  berani
            berkomunikasi secara terbuka dan penuh rasa persaudaraan. (Arni,
            1989)
                   Iklim  komunikasi  memainkan  peranan  sentral  dalam
            mendorong anggota organisasi untuk mencurahkan usaha kepada
            pekerjaan mereka dalam organisasi. (Pace dan Faules, 2002). Dari
            sini  dapat  dikatakan  bahwa  iklim  komunikasi  organisasi  memiliki



            Iklim Komunikasi Organisasi                                    49
   51   52   53   54   55   56   57   58   59   60   61