Page 56 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 56
tone (negative voice tone) akan membawa dampak yang kuat
terhadap penerima pesan.
Iklim Komunikasi Organisasi
Dari sini dapat dilihat bahwa iklim komunikasi di dalam
sebuah organisasi itu perlu untuk diperhatikan agar dapat
menciptakan sebuah organisasi yang efektif. Di dalam buku
komunikasi organisasi yang ditulis oleh Pace dan Faules
menegaskan hal ini dengan mengemukakan bahwa iklim
komunikasi tertentu memberi pedoman bagi keputusan dan perilaku
individu. Keputusan-keputusan yang diambil oleh anggota
organisasi untuk melaksanakan pekerjaan mereka secara efektif,
untuk mengikatkan diri mereka dengan organisasi, untuk bersikap
jujur dalam bekerja, untuk meraih kesempatan dalam organisasi
secara bersemangat, untuk mendukung para rekan dan anggota
organisasi lainnya, untuk melaksanakan tugas secara kreatif, dan
untuk menawarkan gagasan-gagasan inovatif bagi penyempurnaan
organisasi dan operasinya, semua ini dipengaruhi oleh iklim
komunikasi. Iklim yang negatif dapat benar-benar merusak yang
dibuat anggota organisasi mengenai bagaimana mereka akan
bekerja dan berpartisipasi untuk organisasi. (Pace dan Faules,
2002)
Iklim komunikasi yang penuh rasa persaudaraan mendorong
para anggota organisasi untuk berkomunikasi sercara terbuka,
rileks, ramah dengan anggota yang lain. Sedangkan iklim
komunikasi yang negatif menjadikan anggota tidak berani
berkomunikasi secara terbuka dan penuh rasa persaudaraan. (Arni,
1989)
Iklim komunikasi memainkan peranan sentral dalam
mendorong anggota organisasi untuk mencurahkan usaha kepada
pekerjaan mereka dalam organisasi. (Pace dan Faules, 2002). Dari
sini dapat dikatakan bahwa iklim komunikasi organisasi memiliki
Iklim Komunikasi Organisasi 49