Page 57 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 57
pengaruh yang cukup penting bagi motivasi kerja dan masa kerja
pegawai dalam organisasi. Iklim komunikasi yang positif cenderung
meningkatkan dan mendukung komitmen pada organisasi dan iklim
komunikasi yang kuat seringkali menghasilkan praktik-praktik
pengelolaan dan pedoman organisasi yang lebih mendukung (Pace
dan Faules, 2002). Hal ini didukung pula Soemirat, Ardianto dan
Suminar bahwa iklim komunikasi organisasi yang positif tidak hanya
menguntungkan organisasi namun juga penting bagi kehidupan
manusia-manusia di dalam organisasi tersebut. (Ardianto dan
Suminar,1999)
Jaringan, organisasi terdiri dari satu seri orang yang tiap-
tiapnya menduduki posisi atau peranan tertentu dalam organisasi.
Ciptaan dan pertukaran pesan dari orang-orang ini sesamanya
terjadi melewati suau set jalan kecil yang dinamakan jaringan
komunikasi. Suatu jaringan komunikasi ini mungkin mencakup
hanya dua orang, beberapa orang atau keseluruhan organisasi.
Hakikat dan luas dari jaringan ini dipengaruhi oleh banyak faktor
antara lain; hubungan peranan, arah dan arus pesan, hakikat seri
dari arus pesan, dan isi dari pesan.
Keadaan saling tergantung. Konsep kunci komunikasi
organisasi keempat adalah keadaan yang saling tergantung satu
bagian dengan bagian lainnya. Hal ini telah menajadi sifat dari
suatu organisai yang merupakan suatu sistem terbuka. Bila suatu
bagian dari organisasi mengalami gangguan maka akan
berpengaruh kepada bagian lainnya dan mungkin juga kepada
seluruh sistem organisasi. Implikasinya, bila pimpinan membuat
suatu keputusan dia harus memperhitungkan implikasi keputusan
itu terhadap organisasinya secara menyeluruh.
Hubungan, Konsep kunci yang kelima dari omunikasi
organisasi adalah hubungan. Karena organisasi merupakan suatu
sistem terbuka, sistem kehidupan sosial maka untuk berfungsinya
bagian-bagian itu terletak pada manusia yang ada dalam
organisasi. Dengan kata lain jaringan melalui mana jalannya pesan
50 Iklim Komunikasi Organisasi