Page 57 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 57

pengaruh yang cukup penting bagi motivasi kerja dan masa kerja
                           pegawai dalam organisasi. Iklim komunikasi yang positif cenderung
                           meningkatkan dan mendukung komitmen pada organisasi dan iklim
                           komunikasi  yang  kuat  seringkali  menghasilkan  praktik-praktik
                           pengelolaan dan pedoman organisasi yang lebih mendukung (Pace
                           dan  Faules,  2002).  Hal  ini  didukung  pula  Soemirat,  Ardianto  dan
                           Suminar bahwa iklim komunikasi organisasi yang positif tidak hanya
                           menguntungkan  organisasi  namun  juga  penting  bagi  kehidupan
                           manusia-manusia  di  dalam  organisasi  tersebut.  (Ardianto  dan
                           Suminar,1999)
                                  Jaringan,  organisasi  terdiri  dari  satu  seri  orang  yang  tiap-
                           tiapnya  menduduki posisi atau peranan tertentu dalam organisasi.
                           Ciptaan  dan  pertukaran  pesan  dari  orang-orang  ini  sesamanya
                           terjadi  melewati  suau  set  jalan  kecil  yang  dinamakan  jaringan
                           komunikasi.  Suatu  jaringan  komunikasi  ini  mungkin  mencakup
                           hanya  dua  orang,  beberapa  orang  atau  keseluruhan  organisasi.
                           Hakikat  dan  luas  dari  jaringan  ini  dipengaruhi  oleh  banyak  faktor
                           antara lain; hubungan peranan, arah dan arus pesan, hakikat seri
                           dari arus pesan, dan isi dari pesan.
                                  Keadaan  saling  tergantung.  Konsep  kunci  komunikasi
                           organisasi  keempat  adalah  keadaan  yang  saling  tergantung  satu
                           bagian  dengan  bagian  lainnya.  Hal  ini  telah  menajadi  sifat  dari
                           suatu organisai yang merupakan suatu sistem terbuka. Bila suatu
                           bagian  dari  organisasi  mengalami  gangguan  maka  akan
                           berpengaruh  kepada  bagian  lainnya  dan  mungkin  juga  kepada
                           seluruh  sistem  organisasi.  Implikasinya,  bila  pimpinan  membuat
                           suatu  keputusan  dia  harus  memperhitungkan  implikasi  keputusan
                           itu terhadap organisasinya secara menyeluruh.
                                Hubungan,  Konsep  kunci  yang  kelima  dari  omunikasi
                           organisasi  adalah  hubungan.  Karena organisasi  merupakan  suatu
                           sistem terbuka, sistem kehidupan sosial maka untuk berfungsinya
                           bagian-bagian  itu  terletak  pada  manusia  yang  ada  dalam
                           organisasi. Dengan kata lain jaringan melalui mana jalannya pesan



                           50                                      Iklim Komunikasi Organisasi
   52   53   54   55   56   57   58   59   60   61   62