Page 60 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 60

Komunikasi  antar  persona  (antar  pribadi)  merupakan
            komunikasi yang berlangsung antara seseorang dengan orang lain,
            biasanya  melibatkan  dua  pihak  dengan  jarak  yang  dekat  karena
            tidak  menggunakan  media.  Pengertian  komunikasi  antar  persona
            (interpersonal  Communication)  menurut  Onong  Uchjana  Effendi
            yang  dikutip  dari  Josep  A.  Devito  sebagai  berikut  :Proses
            pengiriman dan penerimaan pesan – pesan antara dua orang atau
            diantara sekelompok kecil orang – orang, dengan beberapa elemen
            dan beberapa umpan balik seketika‖. ( Effendy, 1992)
                  Dapat  diambil  simpulan  bahwa  komunikasi  sudah  menjadi
            bagian  dari  kehidupan  manusia,  seperti  halnya  manusia
            membutuhkan  udara  untuk  bernafas.  Karena  komunikasi  antar
            persona sudah menjadi hal yang biasa dilakukan, ini artinya bahwa
            komunikasi  antar  persona  sudah  menjadi  hal  yang  lumrah  dan
            biasa terjadi, sehingga tanpa disadari sebagian dari orang kurang
            memperhatikan  bagaimana  seharusnya  berkomunikasi  dengan
            baik,  dan  akibatnya  seringkali  seseorang  mengalami  kegagalan
            dalam  berinteraksi  dengan  sesamanya,  sehingga  menimbulkan
            kesalahpahaman  atau  salah  pengertian  antara  satu  dengan  yang
            lain.
                  Komunikasi  sebagai  interaksi  menggunakan  perspektif  dari
            beberapa  elemen  sebagai  sebuah  kegiatan  dua  hal,  yaitu
            mengumpan balik (feedback) dan mengkemas serta menyampaikan
            isi pesan (context). (Romawaty, 2010) Dalam hal ini kepala bidang
            penyiaran  RRI  Palangka  Raya  harus  memiliki  komunikasi  antar
            personal  terhadap  penyiarnya  agar  mendapat  kesenjangan  yang
            harmonis  antara  pimpinan  dan  penyiarnya.  Setelah  muncul
            komunikasi  antar  persona  yang  baik  dari  pimpinan  maka  penyiar
            tersebut  dapat  bekerja  sesuai  dengan  keinginan  organisasi.
            Sehingga  dapat  mempengaruhi  kinerja  dari  penyiar  itu  sendiri.
            Istilah  efektivitas  atau  efektif  mempunyai  arti  berhasil  atau  tepat
            guna.  Efektif  merupakan  kata  dasar,  sementara  kata  sifat  adalah
            efektivitas.



            Iklim Komunikasi Organisasi                                    53
   55   56   57   58   59   60   61   62   63   64   65