Page 55 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 55

Dampak Komunikasi Organisasi


                                  Sifat  terpenting  komunikasi  organisasi  adalah  penciptaan
                           pesan,  penafsiran,  dan  penanganan  kegiatan  anggota  organisasi.
                           Bagaimana  komunikasi  berlangsung  dalam  organisasi  dan  apa
                           maknanya  bergantung  pada  konsepsi  seseorang  mengenai
                           organisasi (Pace & Faules, 1998).
                                  Komunikasi  organisasi,  yaitu  komunikasi  di  dalam  dan  di
                           antara  organisasi  serta  di  lingkungannya  (Rogers  dan  Rogers,
                           1976).  Selain  itu,  secara  lebih  lengkap  De  Fleur  dalam  buku
                           Fundamentals of Human Communication (1990:192) menerangkan
                           arti komunikasi organisasi sebagai transmisi pesan melalui saluran
                           formal dan informal dalam kelompok yang relatif besar dan sengaja
                           dibentuk,  menghasilkan  pembangunan  makna  yang  memiliki
                           pengaruh terhadap anggota-anggotanya, baik sebagai individu dan
                           kelompok  secara  keseluruhan.  Selain  itu,  komunikasi  dalam
                           organisasi ini mencakup semua proses verbal dan nonverbal, baik
                           secara linear maupun transaksional.
                                  Graham  et  al.  (Furqon,  2005)  melakukan  survei  untuk
                           mengetahui dampak komunikasi non verbal dalam organisasi. Studi
                           yang  ia  lakukan  bertujuan  untuk  mendapatkan  informasi  tentang
                           persepsi responden akan pentingnya umpan balik non verbal dan
                           kemampuan mereka  untuk menyampaikan  isyarat  non verbal  dari
                           bawahan maupun manajer mereka. Tujuan yang lain adalah untuk
                           membandingkan       penemuan-penemuan         tersebut     dengan
                           pengetahuan  tentang  komunikasi  non-verbal  dan  menggunakan
                           penemuan  mereka  sebagai  basis  untuk  merekomendasikan
                           bagaimana  memperbaiki  komunikasi  non-verbal  dalam  organsasi
                           bisnis.  Studi  menunjukkan  bahwa  komunikasi  non  verbal  seperti
                           ekspresi wajah, gerak tubuh, dan voicetone memberikan kontribusi
                           sebesar  93%  attitudinal  massage  pada  penerima  sangat  penting.
                           Pentingnya  komunikasi  non  verbal  ini  difokuskan  pada  isyarat-
                           isyarat verbal atau non verbal. Studi juga menemukan bahwa voice



                           48                                      Iklim Komunikasi Organisasi
   50   51   52   53   54   55   56   57   58   59   60