Page 51 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 51
secara umum, dan peningkatan pasar karena kebijakan Reagen
dan Teacher yang lebih menentukan hubungan antara provider
dengan konsumen dari barang dan jasa.
Yang utama, dalam melihat persoalan di atas terutama
menyangkut keterkaitan konsep penyiaran publik dalam kaitannya
dengan pembentukan public sphere ideal sebagaimana yang
disebut oleh Habermas, tentunya memiliki beberapa kekurangan-
kekurangan. Akan tetapi, konsep Habermas tentang public sphere
tentunya juga memiliki kelebihan-kelebihan. Kelebihan tersebut
antara lain; pertama, Kebenaran (authenticity) sosiologis yang
mengesankan dan menggambarkan kelangkaan karya yang setara
untuk media lain, dalam konteks dan sejarah yang berbeda. Kedua,
memberikan pengaruh kuat pada massa glasnost diikuti oleh
tumbangnya Uni Soviyet dan Eropa Timur. Ketiga, Inspirasi
kebijakan Reagen dan Teacher dan difusi dan penerapan tersebut
pada birokrasi umum dengan maksud untuk merevitalisasi dan
memperkuat ideologi kapitalis dan praktek kapitalis menimbulkan
suatu kondisi ‗menantang‘ analisis oposisional radikal, dan pada
saat yang sama kondisi tersebut memperlemah legitimasi dan
kesempatan menggunakan analisis tersebut.
Keempat, kepentingan praktis penelitian untuk membantu
mendefinisikan ulang dan mengatur peranan media di timur,
bersamaan dengan kepentingan barat berkenaan dengan
konsekwensi-konsekwensi swastanisasi media publik dan
komersialisasi yang lebih intensif pada media swasta. Dan kelima,
Keuntungan politis bagi para intelektual media untuk membangun
dialog dengan dunia dalam kehidupan akademis.
Murdock mengusulkan prinsip-prinsip mendasar yakni
kebutuhan akses terhadap informasi, nasehat dan analisis yang
memungkinkan mereka untuk mengetahui apa hak pribadi mereka
dan mengusahakannya secara efektif; akses terhadap beragam
informasi, debat pada bidang-bidang yang melibatkan pilihan-
pilihan politik publik; fasilitas untuk mengenali diri dan aspirasi
44 Iklim Komunikasi Organisasi