Page 47 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 47

menolak  prinsip-prinsip  atau  mekanisme  yang  dibangun  dalam
                           media massa yang terwadahi sebagai lembaga penyiaran publik.
                                  Dalam  pandangan  Habermas,  media  massa  penyiaran
                           komersial  telah  menyebabkan  informasi  sebagai  komoditas  dan
                           jauh  dari  kepentingan  publik  secara  luas.  Media  penyiaran
                           komersial  dalam  arti  tertentu  tidak  dapat  menjadi  sarana
                           terbangunya  wialyah  publik  secara  adil,  terbuka  dan  demokratis
                           sebagaimana  yang  dimuat  dalam  konsep  public  sphere.  Hal  ini
                           memang  karena  Habermas  mengandaikan  media  massa  sebagai
                           media sebagaimana idealnya public sphere. Dan teori ini yang pad
                           akhirnya  dikritik  oleh  (lihat  Thompson,  1983).  Bagi  Thomson,
                           konsep  Habermas  tersebut  terlalu  mengidealisasikan  dan
                           meromantisir dunia yang sangat elit dan dunia laki-laki, juga terlalu
                           menekankan pers kelas pekerja yang radikal (Curran dan Seaton,
                           1983).
                                  Dengan  demikian,  Habermas  juga  terlalu  pesimistik  dalam
                           menilai  kemajuan media  massa.  Koran,  radio,  televisi  pada  masa
                           itu jelas mengadakan forum untuk diskusi mengenai isue-isue yang
                           menjadi perhatian umum. Diskusi tersebut melibatkan orang-orang
                           berpengetahuan, tertarik dan dapat berbicara mewakili kepentingan
                           sosial  yang  lebih  luas  dan  yang  mempunyai  potensial  pengaruh
                           politik. Habermas juga terlalu memberikan perhatian berlebih pada
                           berita  politik  dalam  public  sphere  dan  membesar-besarkan
                           kecurangan-kecurangan  yang  ditimbulkan  komersialisasi  media
                           massa  pada  abad  19  dan  20-an.  Dimana  nilai-nilai  tersebut  telah
                           ditinggalkan sedemikian rupa oleh lemabag penyiaran yang bersifat
                           komersial (swasta).
                                  Lalu  bagaimana  dengan  penyiaran  publik?  Apakah
                           habermas  sependapat  dengan  konsep  yang  ditawarkan  dalam
                           penyiaran publik? Dan apakah penyiaran publik dalam arti tertentu
                           merupakan wadah dari public sphere? Atau dalam pengertian lain
                           penyiaran  publik  merupakan  sarana  media  yang  dianggap  dapat
                           menjadi dan membangun public sphere saat ini? Dalam menjawab



                           40                                      Iklim Komunikasi Organisasi
   42   43   44   45   46   47   48   49   50   51   52