Page 52 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 52

mereka  dalam  representasi  dan  pembentukannya  dalam  media.
            Media  publik  memberikan  lisensi  untuk  berbicara  dan  mendengar
            secara  tidak  adil,  karena  pembicara  ditunjuk  dan  belum  tentu
            mewakili kepentingan publik.
                    Jadi,  untuk  menguatkan  penyiaran  publik  sebagai  model
            dari  pelayanan  publik  (the  public  service  models)  yang  dapat
            menguatkan  bangunan  public  sphere  tentunya  harus  melakukan
            hal-hal yang dapat mendukung keberlangsungan model pelaynaan
            publik  yang  dimaksud.  Sehingga,  cita-cita  tentang  public  sphere
            sebagaimana  yang  disebut  oleh  Habermas  dapat  terealisasikan.
            Konsep  ini  lahir  dari  pandangan  Nicholas  Garnham,  pertama,
            melakukan  pengandaian  dan  usaha-usahanya  untuk  mengem-
            bangkan  praktek-praktek  dalam  serangkaian  hubungan-hubungan
            sosial  yang  lebih  bersifat  politik  daripada  ekonomi.  Dan  kedua,
            pada saat yang sama berusaha memisahkan diri dari pengendalian
            negara (pengendalian politik).
                    Oleh karena itu, yang paling utama adalah mengembalikan
            masyarakat sebagai manusia politik karena relasi sosial yang ada
            telah  dibentuk  oleh  ideologi  konsumerisme  dengan  mengajukan
            isue-isue  ekonomi  dan  politik,  pelayanan  publik,  dan  perantara
            pengetahuan  (knowledege  broking),  pelayanan  publik  dan  partai,
            pelayanan  umum,  universalisme  dan  public  sphere  internasional.
            Dalam  konteks  ini  sesungguhnya  public  sphere  akan  dapat
            terwujud,  memang  tidak  sebagaimana  yang  disebut  Habermas
            sebagai public sphere borjuis. Namun demikian, cita-cita dari public
            sphere  Habermas  dapat  terwujud melalui  pembentukan  penyiaran
            publik  di  beberapa  tempat  yang  dapat  menjadai  sarana  diskusi
            publik dalam persoalan-persoalan sosial, politik, dan sebagainya.











            Iklim Komunikasi Organisasi                                    45
   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57