Page 46 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 46

publik nasional sebagaimana yang dilakukan oleh BBC di Inggris.
            Sebab,  agenda  umum  publik  belum  didominasi  oleh  kejadian-
            kejadian  internasional  yang  bisa  menyatukan  proyek  identifikasi
            khalayak  internasional  sebagai  bagian  atau  anggota  dari  publik
            internasional.  Di  samping  itu  juga  tidak  mampu  menyatukan
            perasaan, emosi bahkan pikiran publik secara nyata.
                    Dalam  konteks  ini,  Garnham  melakukan  identifikasi
            terhadap  kecenderungan-kecenderungan  yang  mengarah  pada
            inter-nasionalisai  media  sebagai  ancaman  lebih  lanjut  model
            pelayanan  publik  yang  ideal.  Dan  model  pengamatan  ini
            menekankan kontradiksi bahwa pemilikan media, pengendalian dan
            isi menjadi semakin menginternasional tetapi tidak dapat diartikan
            sudah menciptakan publik internasional atau publik nasional seperti
            halnya BBC di Inggris. Agenda umum publik belum didominasi oleh
            kejadian-kejadian internasional yang dapat menyatukan identifikasi
            khalayak  internasional  sebagai  anggota  dari  publik.  Juga  mereka
            tidak  dapat  membentuk  perasaan  internasional  yang  tepat  dan
            koheren.

            Debat  Penyiaran  Publik  dan  Public  Sphere
            Habermas


                    Dengan demikian, tentunya media massa yang didalamnya
            termasuk adalah penyiaran publik berorientasi pada penyiaran yang
            mengusung      nilai-nilai   lokal   dan   kepentingan-kepentingan
            masyarakat  lokal.  Habermas  berpendapat  bahwa  pada  awalnya
            media  dibentuk  dan  menjadi  bagian  integral  dari  public  sphere
            tetapi  kemudian  dikomersialkan  menjadi  komoditas  (comodified)
            melalui distribusi secara massal dan menjual khalayak massa untuk
            perusahaan periklanan, sehingga media jauh dari perannya semula
            sebagai  public  sphere.  Dalam  konteks  ini,  sebenarnya  Habermas






            Iklim Komunikasi Organisasi                                    39
   41   42   43   44   45   46   47   48   49   50   51