Page 46 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 46
publik nasional sebagaimana yang dilakukan oleh BBC di Inggris.
Sebab, agenda umum publik belum didominasi oleh kejadian-
kejadian internasional yang bisa menyatukan proyek identifikasi
khalayak internasional sebagai bagian atau anggota dari publik
internasional. Di samping itu juga tidak mampu menyatukan
perasaan, emosi bahkan pikiran publik secara nyata.
Dalam konteks ini, Garnham melakukan identifikasi
terhadap kecenderungan-kecenderungan yang mengarah pada
inter-nasionalisai media sebagai ancaman lebih lanjut model
pelayanan publik yang ideal. Dan model pengamatan ini
menekankan kontradiksi bahwa pemilikan media, pengendalian dan
isi menjadi semakin menginternasional tetapi tidak dapat diartikan
sudah menciptakan publik internasional atau publik nasional seperti
halnya BBC di Inggris. Agenda umum publik belum didominasi oleh
kejadian-kejadian internasional yang dapat menyatukan identifikasi
khalayak internasional sebagai anggota dari publik. Juga mereka
tidak dapat membentuk perasaan internasional yang tepat dan
koheren.
Debat Penyiaran Publik dan Public Sphere
Habermas
Dengan demikian, tentunya media massa yang didalamnya
termasuk adalah penyiaran publik berorientasi pada penyiaran yang
mengusung nilai-nilai lokal dan kepentingan-kepentingan
masyarakat lokal. Habermas berpendapat bahwa pada awalnya
media dibentuk dan menjadi bagian integral dari public sphere
tetapi kemudian dikomersialkan menjadi komoditas (comodified)
melalui distribusi secara massal dan menjual khalayak massa untuk
perusahaan periklanan, sehingga media jauh dari perannya semula
sebagai public sphere. Dalam konteks ini, sebenarnya Habermas
Iklim Komunikasi Organisasi 39