Page 61 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 61

Menurut Effendy (1992) efektivitas adalah : ―komunikasi yang
                           prosesnya  mencapai  tujuan  direncanakan  sesuai  dengan  biaya
                           yang dianggarkan, waktu yang ditetapkan dan jumlah personil yang
                           ditentukan‖.  Istilah kinerja berasal dari kata Job Performance atau
                           Actual  Performance  (Prestasi  kerja  atau  prestasi  sesungguhnya
                           yang  dicapai  oleh  seseorang).  Pengertian  kinerja  (Prestasi  kerja)
                           adalah ―hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh
                           seorang  penyiar  dalam  melaksanakan  tugasnya  sesuai  dengan
                           tanggung jawab yang diberikan kepadanya‖ .
                                Kinerja  penyiar  dalam  penelitian  diukur  melalui  dua  aspek
                           yaitu  kualitas  kerja  penyiar  dan  kuantitas  kerja  penyiar.  Alat  ukur
                           tersebut dapat diuraikan sebagai berikut : ―Secara kualitas, prestasi
                           kerja  penyiar  dapat  diukur  dari  ketepatan,  ketelitian,  dan
                           keterampilan  penyiar  dalam  melakukan  pekerjaan  sedangkan
                           secara kuantitas prestasi penyiar dapat diukur dari output atau hasil
                           dari pekerjaan yang dilakukan. Output tersebut berupa output rutin
                           atau hasil pekerjaan rutin yang dilakukan berupa pekerjaan kantor
                           sehari-hari, dan output yang lainnya disebut output extra atau hasil
                           pekerjaan ekstra atau tambahan atau eksidental.

                           Dimensi Iklim Komunikasi Organisasi

                                  Pace  dan  Faules  (Yoanne,  2013)  dimensi-dimensi  iklim
                           komunikasi organisasi menurut:
                           1.  Kepercayaan
                               Personel  di  semua  tingkat  harus  berusaha  keras  untuk
                               mengembangkan  dan  mempertahankan  hubungan  yang  di
                               dalamnya  terdapat  kepercayaan,  keyakinan  dan  kredibilitas
                               yang didukung oleh pernyataan dan tindakan.
                           2.  Pembuatan keputusan bersama
                               Para  karyawan  di  semua  tingkatan  dalam  organisasi  harus
                               diajak  berkomunikasi  dan  berkonsultasi  mengenai  semua
                               masalah  dalam  semua  wilayah  kebijakan  organisasi,  yang



                           54                                      Iklim Komunikasi Organisasi
   56   57   58   59   60   61   62   63   64   65   66