Page 61 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 61
Menurut Effendy (1992) efektivitas adalah : ―komunikasi yang
prosesnya mencapai tujuan direncanakan sesuai dengan biaya
yang dianggarkan, waktu yang ditetapkan dan jumlah personil yang
ditentukan‖. Istilah kinerja berasal dari kata Job Performance atau
Actual Performance (Prestasi kerja atau prestasi sesungguhnya
yang dicapai oleh seseorang). Pengertian kinerja (Prestasi kerja)
adalah ―hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh
seorang penyiar dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan
tanggung jawab yang diberikan kepadanya‖ .
Kinerja penyiar dalam penelitian diukur melalui dua aspek
yaitu kualitas kerja penyiar dan kuantitas kerja penyiar. Alat ukur
tersebut dapat diuraikan sebagai berikut : ―Secara kualitas, prestasi
kerja penyiar dapat diukur dari ketepatan, ketelitian, dan
keterampilan penyiar dalam melakukan pekerjaan sedangkan
secara kuantitas prestasi penyiar dapat diukur dari output atau hasil
dari pekerjaan yang dilakukan. Output tersebut berupa output rutin
atau hasil pekerjaan rutin yang dilakukan berupa pekerjaan kantor
sehari-hari, dan output yang lainnya disebut output extra atau hasil
pekerjaan ekstra atau tambahan atau eksidental.
Dimensi Iklim Komunikasi Organisasi
Pace dan Faules (Yoanne, 2013) dimensi-dimensi iklim
komunikasi organisasi menurut:
1. Kepercayaan
Personel di semua tingkat harus berusaha keras untuk
mengembangkan dan mempertahankan hubungan yang di
dalamnya terdapat kepercayaan, keyakinan dan kredibilitas
yang didukung oleh pernyataan dan tindakan.
2. Pembuatan keputusan bersama
Para karyawan di semua tingkatan dalam organisasi harus
diajak berkomunikasi dan berkonsultasi mengenai semua
masalah dalam semua wilayah kebijakan organisasi, yang
54 Iklim Komunikasi Organisasi