Page 67 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 67

seorang  jenderal.  Menurut  Thompson  dan  Strickland  (Rosilawati,
                           2008) :
                                  Strategy  is  the  best  looked  upon  as  being  combination  of
                                  planned actions and onthe-spot adaptive reactions to freshly
                                  developing  industry  and  competitive  events.  The  strategy-
                                  making tasks involves developing a game plan, or intended
                                  strategy is somehing managers must shape and reshape as
                                  events transpire outside and inside the company.

                                  Berdasarkan  pendapat  tersebut  dapat  dipahami  bahwa
                           ―Strategi  dipandang  yang  terbaik  sebagai  kombinasi  dari  tindakan
                           terencana  dan  reaksi  adaptif  di  tempat  terhadap  organisasi  yang
                           baru  berkembang  dan  organisasi  yang  kompetitif.  Tugas
                           pembuatan strategi melibatkan pengembangan perencanaan.
                                  Effendi  (1993)  juga  menjelaskan  bahwa  strategi  pada
                           hakekatnya  merupakan  perencanaan  (planning)  dan  manajemen
                           (management)  untuk  mencapai  suatu  tujuan.  Sedangkan  strategi
                           komunikasi  adalah  paduan  dari  perencanaan  komunikasi
                           (communication     planning)    dan    manajemen       komunikasi
                           (communication management) untuk mencapai suatu tujuan. Untuk
                           mencapai  tujuan  tersebut  strategi  komunikasi  harus  dapat
                           menunjukan  bagaimana  operasionalnya  secara  taktis  harus
                           dilakukan,  dalam  arti  kata  bahwa  pendekatan  (approach)  bisa
                           berbeda sewaktu-waktu bergantung pada situasi dan kondisi


                           Pengertian Strategi Organisasi

                                  Menurut  Robbins  (2011:6),  ―Pengertian  strategi  dalam
                           konteks organisasi adalah penetapan berbagai tujuan dan sasaran
                           jangka  panjang  yang  bersifat  mendasar  bagi  sebuah  organisasi,
                           yang  dilanjutkan  dengan  penetapan  rencana  aktivitas  dan
                           pengalokasian  sumber  daya  yang  diperlukan  guna  mencapai
                           berbagai  sasaran  tersebut.  Ada  empat  dimensi  pokok  yang



                           60                                      Iklim Komunikasi Organisasi
   62   63   64   65   66   67   68   69   70   71   72