Page 72 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 72

3.  Menyusun  pesan.  Pesan  adalah  segala  sesuatu  yag
                 disampaikan  oleh  seseorang  dalam  bentuk  simbol  yang
                 dipersepsi  dan  diterima  oleh  komunikan  dalam  serangkaian
                 makna. Ada beberapa cara dalam menyusun pesan;
                 a.  Over  power‘em  theory.  Teori  ini  menunjukkan  bahwa  bila
                    pesan seringkali  diulang,  panjang dan cukup  keras, maka
                    pesan itu akan berlalu dari komunikan.
                 b.  Glamour theory. Suatu pesan yang dikemas dengan cantik,
                    kemudian  ditawarkan  dengan  daya  persuasi,  maka
                    komunikan akan tertarik untuk memiliki ide itu.
                 c.  Don‘t  tele‘em  theory.  bila  suatu  ide  tidak  disampaikan
                    kepada orang lain, maka mereka tidakakan mengetahui dan
                    menanyakannya,  oleh  karena  itu  mereka  tidak  akan
                    membuat pendapat tentang ide itu.
             4.  Memilih media dan saluran komunikasi.
                 Memilih   media    komunikasi     harus   mempertimbangkan
                 karakteristik  isi  dan  tujuan  isi  pesan  yang  ingin  disampaikan.
                 Untuk  masyarakat  luas,  pesan  sebaiknya  disalurkan  melalui
                 media  massa,  misalnya  surat  kabar  atau  televisi,  dan  untuk
                 kelompok tertentu digunakan saluran komunikasi kelompok.
             5.  Efek komunikasi.
                 Semua program komunikasi yag dilakukan mempunyai tujuan,
                 yakni  mempengaruhi  target  sasaran.  Pengaruh  bisa  terjadi
                 dalam  bentuk  perubahan  pengetahuan,  sikap,  dan  prilaku.
                 Pada tingkat pengetahuan, pengaruh bisa terjadi dalam bentuk
                 perubahan  persepsi  dan  perubahan  pendapat.  Adapun  yang
                 dimaksud  dengan  perubahan  sikap,  ialah  adanya  perubahan
                 internal  pada  diri  seseorang  yang  diorganisir  dalam  bentuk
                 prinsip,  sebagai  hasil  evaluasi  yang  dilakukannya  terhadap
                 suatu objek. Sedangkan perubahan prilaku adalah perubahan
                 yang terjadi dalam bentuk tindakan.






            Iklim Komunikasi Organisasi                                    65
   67   68   69   70   71   72   73   74   75   76   77