Page 68 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 68

terkandung  dalam  strategi,  yaitu  inovasi,  diferensiasi  pasar,
            jagkauan dan pengendalian biaya.
                    Menurut  Effendy  (Syasyikirana,  2013)  strategi  komunikasi
            adalah  metode  atau  langkah-langkah  yang  diambil  untuk
            keberhasilan  proses  penyampaian  pesan  oleh  seseorang  kepada
            orang lain untuk memberitahu atau mengubah sikap, pendapat dan
            perilaku,  baik  secara  langsung  (lisan)  maupun  tidak  langsung
            melalui  media.  Sehingga  dapat  dikatakan  strategi  komunikasi
            adalah  metode  atau  langkah-langkah  yang  diambil  untuk
            keberhasilan  proses  penyampaian  pesan  oleh  seseorang  kepada
            orang lain untuk memberitahu atau mengubah sikap, pendapat dan
            perilaku, baik secara langsung secara lisan maupun tidak langsung
            melalui media untuk mencapai suatu tujuan.
                   Menurut     Richard    Blundel    (2004:    222)    terdapat
            kecenderungan     untuk    mengintegrasikan    dan   mendekatkan
            hubungan  antara  produk  dengan  pesan  yang  dihubungkan
            dengannya  dengan  macam  pesan  baik  internal  dan  eksternal
            komunikasi  yang  berlangsung  di  dalam  organisasi.  Dengan  kata
            lain, kegiatan promosi di dalam organisasi saat ini berusaha untuk
            mengintegrasikan  komunikasi  organisasi  baik  itu  eksternal  dan
            internal, dan bukan kegiatan yang berdiri sendiri-sendiri.
                   Kichen and Schultz (Rosilawati, 2008) mengemukakan :
                   All  communication  at  the  level  of  business  or  corporation
                   must  be  integrate  as  well.  Moreover,  there  must  be
                   interaction  between  two  forms  of  communication  in  an
                   ongoing, interactive, interdependent and synergetic manner.
                   There  should  be  no  wall  or  barriers,  despite  their  often
                   different  functions,  between  these  types  of  communication,
                   for both ultimately are needed to drive the business forward.

                   Berdasarkan  pendapat  tersebut  dapat  dipahami  bahwa
            semua  komunikasi  di  tingkat  bisnis  atau  perusahaan  harus
            diintegrasikan  juga.  Selain  itu,  harus  ada  interaksi  antara  dua
            bentuk  komunikasi  secara  berkelanjutan,  interaktif,  saling



            Iklim Komunikasi Organisasi                                     61
   63   64   65   66   67   68   69   70   71   72   73