Page 70 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 70

2.  Pelanggan
             3.  Proses internal
             4.  Learning and growth

                   UNESCO  (Wijaya,  2015)  membuat  langkah-langkah  yang
            dapat dilakukan dalam perencanaan komunikasi, yakni:
             1.  Mengumpulkan  data  tentang  status  sumber  daya  komunikasi,
                 apakah  itu  dioperasikan  oleh  pemerintah,  swasta,  atau
                 kombinasi antara pemerintah dan swasta.
             2.  Melakukan  analisis  tentang  struktur  dan  smber  daya
                 komunikasi  yang  ada,  berapa  banyak  surat  kabar,  stasiun
                 televisi dan radio, serta mediamedia apa saja yang ada dalam
                 masyarakat.
             3.  Melakukan  analisis  kritis  terhadap  apa  yang  dibutuhkan
                 masyarakat  terhadap  komunikasi,  jenis  informasi  apa  yang
                 dibutuhkan, apakah hiburan, pendapat, atau berita.
             4.  Melakukan analisis terhadap komponen-komponen komunikasi
                 mulai dari sumber, pesan, saluran atau media, penerima, dan
                 umpan balik dari masyarakat.
             5.  Melakukan  analisis  terhadap  pengembangan  komunikasi,
                 apakah  komunikasi  mengalami  kemajuan  dalam  hal  jumlah
                 (tiras),  sebaran,  atau  peringkat  dalam  tayangannya.  6.
                 Menetapkan  tujuan  dan  sasaran  yang  ingin  dicapai  sesuai
                 dengan kebijaksanaan komunikasi yang ada.

                   Harold  D.  Lasswell  (Wijaya, 2015)  strategi  yang  dijalankan
            dalam  perencanaan  komunikasi  harus  diawali  dengan  langkah-
            langkah sebagai berikut:
             1.  Menetapkan komunikator.
                 Dalam  berbagai  kajian  komunikasi,  komunikator  menjadi
                 sumber dan kendali semua aktivita komunikasi, karena itu jika
                 suatu  proses  komunikasi  tidak  berhasil  dengan  baik,  maka
                 kesalahan  utama  bersumber  dari  komunikator,  karena



            Iklim Komunikasi Organisasi                                    63
   65   66   67   68   69   70   71   72   73   74   75