Page 71 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 71

komunikatorlah  yang  tida  memahami  penyusunan  pesan,
                               memilih  media  yang  tepat,  dan  mendekati  khalayak  yang
                               menjadi target sasaran. Sebagai pelaku utama dalam aktivitas
                               komunikasi,  komunikatormemegang  peranan  uang  sangat
                               penting.  Untuk  itu  seorang  komunikator  yang  akan  bertindak
                               sebagai  ujung  tombak  suatu  program  harus  terampil
                               berkomunikasi,  kaya  ide,  serta  penuh  daya  kreativitas.  Ada
                               syarat  yang  harus  dimiliki  seorang  komunikator  yakni;
                               kredibilitas, daya tarik, dan kekuatan.
                           2.  Menetapkan target sasaran dan analisis kebutuhan khalayak.
                               Dalam  studi  komunikasi,  khalayak  atau  disebut  juga
                               komunikan.  Memahami  masyarakat  terutama  yang  akan
                               menjadi  target  sasaran  program  komunikasi  merupakan  hal
                               yang  sangat  penting,  sebab  semua  aktivitas  komunikasi
                               diarahkan  kepada  mereka.  Di  dalam  masyarakat  ada
                               kelompok-kelompok  yang  menentukan  besarnya  pengaruh
                               suatu program, yaitu:
                              a.  Kelompok  yang  memberi  izin,  adalah  suatu  lembaga  yang
                                  membuat  peraturan  dan  memberi  izin  sebelum  suatu
                                  program disebarluaskan.
                              b.  Kelompok pendukung, ialah kelompok yang mendukung dan
                                  setuju pada program yang dilaksanakan.
                              c.  Kelompok  oposisi,  ialah  mereka  yang  menentang  atau
                                  kelompok  yang  bertentangan  dengan  ide  perubahan  yang
                                  ingin dilaksanakan.
                              d.  Kelompok  evalusi,  ialah  mereka  yang  terdiri  dari  orang-
                                  orang  yang  mengkritisi  dan  memonitor  jalannya  suatu
                                  program. Dengan mengetahui kelompok dalam masyarakat
                                  ini, seorang perencana komunikasi dapat memprediksi dan
                                  mengantisipasi,  serta  menyesuaikan  program-program
                                  komunikasi yang akan dilakukannya.






                           64                                      Iklim Komunikasi Organisasi
   66   67   68   69   70   71   72   73   74   75   76