Page 12 - Burnout Konselor
P. 12

American  School  Counselor  Association  (ASCA)
            merekomendasikan  agar  konselor  sekolah  meningkatkan
            pengembangan pribadi, sosial, akademik dan karir semua siswa
            melalui:  organisasi  dan fasilitasi  layanan  konseling  terprogram
            yang  komprehensif.  ASCA  mencatat  bahwa  konselor  sekolah
            harus  ―menghabiskan  80  %  atau  lebih  waktu  konselor  pada
            layanan  langsung  dan  tidak  langsung  kepada  siswa‖.  ASCA
            mendefinisikan  layanan  siswa  tidak  langsung  sebagai  layanan
            yang  mendukung  siswa  dan  melibatkan  interaksi  (misalnya,
            rujukan,  konsultasi,  kolaborasi  dan  kepemimpinan)  dengan
            pemangku kepentingan selain siswa (misalnya, orang tua, guru
            dan  anggota  komunitas).  Di  sisi  lain,  layanan  siswa  langsung
            adalah  interaksi  yang  terjadi  tatap  muka  dan  melibatkan
            fasilitasi   kurikulum    (misalnya,    bimbingan     klasikal),
            perencanaan  individual  dan  layanan  responsif  (misalnya,
            konseling individu, kelompok dan krisis) (Mullen & Gutierrez,
            2016).
                   Permasalahan  yang  dihadapi  konselor  sekolah  dalam
            menjalankan  program  layanan,  kondisi  lain  yang  dihadapi
            konselor  sekolah  adalah  rasio  konselor  dan  siswa  tidak
            memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Rasio
            ideal satu konselor menangani siswa asuh 150 siswa, meskipun
            rasio ideal dan direkomendasikan mungkin tidak terpenuhi, rasio
            hanya  harus  dikurangi  agar  konselor  sekolah  efektif  dalam
            perannya.  Schmidt  (Moyer,  2011)  menekankan  "jumlah
            konselor  yang  ada  di  sekolah"  program  bimbingan  dan
            konseling  membuat  perbedaan  dalam  kuantitas  dan  kualitas
            layanan  yang  ditawarkan‖  dan  secara  tradisional,  program
            bimbingan  yang  paling  sukses  dikaitkan  dengan  rasio  siswa-
            konselor yang lebih rendah.





                                                        Burnout Konselor  -  5
   7   8   9   10   11   12   13   14   15   16   17