Page 45 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 45
BAB III
PENGEMBANGAN PARADIGMA PKn ERA INDUSTRI 4.0
Kompetensi Umum
Mengembangkan kompetensi mahasiswa merinci pengembangan
paradigm PKn berdasarkan era industry 4.0 sesuai dengan
Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
Standar Kompetensi
Mahasiswa menganalisis pengembangan paradigma PKn era
industri 4.0.
Kompetensi Dasar
Mahasiswa dapat menjelaskan pengembangan paradigma PKn dan
komponen PKn paradigm baru pada era industri 4.0.
A. Pengembangan Pradigma PKn
Pengertian paradigma kadang – kadang disederhanakan sebagai
cara berpikir. Jadi paradigma baru PKn merupakan cara berpikir
baru tentang PKn. Paradigma dalam hal ini dimaksudkan merupakan
kesepakatan dari suatu komunitas tentang hal-hal yang bersifat
mendasar seperti: materi pokok keilmuan, sudut pandang atau
orientasi, visi dan misi. Komunitas dalam hal ini adalah komunitas
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). PKn (Civic Education)
merupakan mata pelajaran yang bertugas bagaimana membentuk
warga negara yang baik (how a good citizen). Warga negara yang
baik adalah warga negara yang sadar akan hak – kewajibannya.
Dengan kesadaran akan hak – kewajibannya maka seorang warga
37