Page 45 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 45

BAB III

                  PENGEMBANGAN PARADIGMA PKn ERA INDUSTRI 4.0
                  Kompetensi Umum


                  Mengembangkan kompetensi mahasiswa merinci pengembangan
                  paradigm PKn berdasarkan era industry 4.0 sesuai dengan

                  Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

                  Standar Kompetensi

                  Mahasiswa menganalisis pengembangan paradigma PKn era

                  industri 4.0.
                  Kompetensi Dasar


                  Mahasiswa dapat menjelaskan pengembangan paradigma PKn dan
                  komponen PKn paradigm baru pada era industri 4.0.

                   A.  Pengembangan Pradigma PKn

                      Pengertian paradigma kadang – kadang disederhanakan sebagai

                  cara  berpikir.  Jadi  paradigma  baru  PKn  merupakan  cara  berpikir
                  baru tentang PKn. Paradigma dalam hal ini dimaksudkan merupakan

                  kesepakatan  dari  suatu  komunitas  tentang  hal-hal  yang  bersifat
                  mendasar  seperti:  materi  pokok  keilmuan,  sudut  pandang  atau

                  orientasi, visi dan misi. Komunitas dalam hal ini adalah komunitas

                  Pendidikan  Kewarganegaraan  (PKn).  PKn  (Civic  Education)
                  merupakan  mata  pelajaran  yang  bertugas  bagaimana  membentuk

                  warga negara yang baik (how a good citizen). Warga negara yang
                  baik  adalah  warga  negara  yang  sadar  akan  hak  –  kewajibannya.

                  Dengan kesadaran akan hak – kewajibannya maka seorang warga









                                                  37
   40   41   42   43   44   45   46   47   48   49   50