Page 74 - Public Service
P. 74

Rumah  Sakit  Umum  harus  memberikan  pelayanan  yang
            optimal  dan  menjaga  kualitas  pelayanan  baik  dari  aspek
            pelayanan     administrasi,   pelayanan    dokter,   pelayanan
            keperawatan,  pelayanan  pengobatan,  fasilitas  dan  penunjang
            fasilitas   pelayanan.   Menjaga    kualitas   program    harus
            memperhatikan  lima  dimensi,  yaitu  kehandalan,  daya  tanggap,
            jaminan,  empati  dan  bentuk  fisik.  Program  mempertahankan
            kualitas  diharapkan  dapat  meningkatkan  kredibilitas  Rumah
            Sakit Umum.
                  Subekti D (Rahman et al., 2015)  Hasil penelitian subekti
            menunjukkan  bahwa  ada  hubungan  antara  persepsi  pasien
            terhadap mutu pelayanan administrasi, dokter, perawat dan obat
            dengan kepuasan pasien Hal ini sesuai dengan visi  BPJS  yang
            diselenggarakan oleh pemerintah yaitu paling lambat 1 Januari
            2019 seluruh  penduduk Indonesia  memiliki  jaminan  kesehatan
            nasional  untuk  memperoleh  manfaat  pemeliharaan  kesehatan
            dan perlindungan kepada memenuhi kebutuhan kesehatan dasar
            (Kemenkes R.I., 2016).
                  Mekanisme  pelayanan  yang  diberikan  kepada  pasien
            peserta  BPJS  tidak  jauh  berbeda  dengan  pelayanan  pasien
            menjamin  pengguna  Askes,  Jamkesnas,  dan  Jamkesda  lebih
            baik.  Pedoman  Pelayanan  Pasien  BPJS  yang  tertuang  dalam
            Peraturan Menteri Kesehatan RI Indonesia nomor 12 tahun 2013
            tentang  Pelayanan  Kesehatan  dalam  Jaminan  Kesehatan
            Nasional  (JKN)  serta  praktis  pedoman  yang  dikeluarkan  oleh
            pelayanan kesehatan dari BPJS. Di dalam aturan dan pedoman
            tersebut  memuat  berbagai  jenis  pelayanan  yang  memenuhi
            syarat  untuk  datang  oleh  pasien  dengan  jaminan  di  fasilitas
            kesehatan tingkat  dasar  di  Puskesmas  ini  serta bagaimana alur
            pelayanan (BPJS Kesehatan, 2014).
                  Sosialisasi  Program  BPJS  Kesehatan  terhadap  pelayanan
            kesehatan sudah dilakukan namun intensitasnya pelaksanaannya


                                                                        67
   69   70   71   72   73   74   75   76   77   78   79