Page 75 - Public Service
P. 75

masih  kurang,  sehingga  berdampak  pada  pengetahuan
               masyarakat terhadap pelayanan BPJS  Kesehatan.  Prosedur  dan
               pedoman  pelaksanaan  BPJS,  Badan  Sosial  Nasional  Sistem
               Pengamanan (Navigasi) atau SJSN yang merupakan pelayanan
               perseorangan  berupa  pelayanan  kesehatan  yang  meliputi:
               promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif, termasuk obat dan
               bahan  medis  yang  diperlukan.  Pasal  28  H  ayat  (1)  yang
               berbunyi:  Setiap  orang  berhak  hidup  sejahtera  lahir  dan  batin,
               bertempat  tinggal,  dan  mendapatkan  lingkungan  hidup  yang
               baik dan sehat dan menerima perawatan medis.

               Kesimpulan

                     Kepuasan  pasien  merupakan  hal  subjektif  yang  sulit
               diukur,  berubah  dengan  cepat,  dan  banyak  faktor  yang
               mempengaruhi.  Subyektivitas  bisa  berkurang  bahkan  bisa
               objektif  jika  cukup  banyak  orang  yang  memiliki  kesamaan

               pendapat tentang sesuatu. Pada pelayanan rumah sakit, jumlah
               pegawai  yang  banyak  akan  mendapat  perhatian,  karena  akan
               mempengaruhi  kepuasan  pasien,  dalam  hal  ini  dokter  dan
               perawat.  Bahkan  kehadiran  jasa  perawat  memiliki  proporsi
               pelayanan  terbesar  di  rumah  sakit.  Oleh  karena  itu,  tanpa
               mengabaikan pelayanan pegawai lainnya, pelayanan dokter dan
               perawat  justru  merupakan  pelayanan  yang  harus  mendapat
               perhatian yang lebih besar dari manajemen rumah sakit.

               Latihan
                 1.  Setelah mempelajari bab ini, lakukan wawancara terhadap
                     pengguna BPJS minimal 5 orang pengguna untuk melihat
                     tingkat kepuasan pengguna!
                 2.  Buatlah  kesimpulan  berdasarkan  hasil  wawancara
                     tersebut!


               68
   70   71   72   73   74   75   76   77   78   79   80