Page 11 - Revitalisasi Fasilitas Bimbingan dan Konseling di Sekolah
P. 11

eksternal.  Hambatan  internal  dapat  berupa:  kompetensi  konselor  yang  dirasa

               kurang  atau  belum  memenuhi  syarat.  Kenyataan  di  lapangan  membuktikan
               bahwa  masih  banyak  di  temukan  di berbagai sekolah SMP, MTs, MA, SMA,

               dan  SMK,  guru  BK  non  bimbingan  dan  konseling,  artinya  konselor  sekolah

               yang  bukan  berlatar  pendidikan  bimbingan  dan  konseling.  Mereka  diangkat
               oleh  kepala  sekolah  karena  dianggap  mampu,  meskipun  secara  keilmuan

               mereka tidak mendalami  tentang  teori-teori  bimbingan  dan konseling.
                  Kompetensi  profesional  terbentuk  selain  berlatar  belakang  pendidikan  S1

               dan  atau  S2  BK  juga  melalui  latihan,  seminar,  workshop.  Untuk  menjadi
               konselor  profesional  memerlukan  proses  dan  waktu.  Konselor  profesional

               membutuhkan  jam  terbang  yang  cukup  matang.  Di  samping  itu  masih  juga

               ditemukan  di  lapangan,  adanya  manajemen  bimbingan  dan  konseling  yang
               masih  amburadul.

                  Suherman  (2013)  menjelaskan  mengenai  manajemen  bimbingan  dan
               konseling,   layanan   bimbingan   dan   konseling   perlu   diurus,   diatur,

               dikemudikan,  dikendalikan,  ditangani,  dikelola,  diselenggarakan,  dijalankan,

               dilaksanakan  dan  dipimpin  oleh  orang  yang  memiliki  keahlian,  keterampilan,
               serta  wawasan  dan  pemahaman  tentang  arah,  tujuan,  fungsi,  kegiatan,

               strategi  dan indikator  keberhasilannya.
                  Pada  umumnya  masalah  yang  biasa  terjadi  dimana  para  siswa  sering  lupa

               akan  tugas  dan  tanggungjawabnya  yang  disebabkan  karena  over  enjoy,

               bandel/suka  melawan  perintah  guru,  tidak  patuh  terhadap  peraturan  sekolah,
               susah  dinasehati  dan  stres  yang  biasanya  timbul  dari  tugas  sekolah  yang

               terlalu  banyak,  lingkungan  keluarga  ataupun  lingkungan  disekolah.  Dari
               venomena  ini  maka  akan  berimbas  kepada  kesehatan,  rasa  aman,  rasa

               percaya  diri  yang  kurang  dan  kemampuan  intelektual  siswa  itu  sendiri  untuk
               bisa beradaptasi  dengan  pendidikan  di sekolah.




                                                    4
   6   7   8   9   10   11   12   13   14   15   16