Page 14 - Revitalisasi Fasilitas Bimbingan dan Konseling di Sekolah
P. 14
orientasi, layanan informasi, layanan pembelajaran, layanan penempatan,
layanan penguasaan konten, layanan konseling individual, layanan konseling
kelompok, layanan bimbingan kelompok, layanan mediasi, dan layanan
konsultasi.
B. Ruang Lingkup Revitalisasi Fasilitas Bimbingan dan Konseling di Sekolah.
Ruang lingkup dari materi buku revitalisasi fasilitas bimbingan dan
konseling di Sekolah ini sebagai berikut:
1. Pendahuluan, yang sedikit menguraikan berbagai problematika yang
dihadapi oleh bimbingan dan konseling ketika pelaksanaannya di
lapangan, baik secara eksternal maupun internal.
2. Konsep dasar bimbingan dan konseling, yang meliputi landasan,
fungsi, prinsip dan asas serta tujuan dari bimbingan dan konseling.
3. Komponen program bimbingan dan konseling, meliputi konsep dan
komponen program bimbingan dan konseling.
4. Pelayanan Bimbingan dan Konseling, meliputi jenis-jenis pelayanan
dan prinsip-prinsip pokok pelayanan bimbingan dan konseling
5. Keadaan fasilitas bimbingan dan konseling saat ini, yang
menguraikan kondisi dari fasilitas bimbingan dan konseling yang
sesungguhnya terjadi di lapangan (sekolah/madrasah) berdasarkan
hasil dari beberapa penelitian.
6. Konsep revilatlisasi fasilitas bimbingan dan konseling, menguraikan
tentang pengertian dari revitalisasi, tujuan dan fungsi revitalisasi
fasilitas pelayanan bimbingan dan konseling, serta revitalisasi
fasilitas pelayanan bimbingan dan konseling.
7. Standarisasi fasilitas: sarasa dan prasarana bimbingan dan konseling,
sesuai dengan ketentuan peraturan BNSP 2006, ABKIN 2007 dan
Permendikbud Nomor 11 Tahun 2014.
7

