Page 39 - Huma Betang Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kalimantan Tengah
P. 39
5) Memiliki keterampilan untuk menetapkan
tujuan dan perencanaan pendidikan, seperti
membuat jadwal belajar, mengerjakan tugas-
tugas, memantapkan diri dalam memperdalam
pelajaran tertentu, dan berusaha memperoleh
informasi tentang berbagai hal dalam rangka
mengembangkan wawasan yang lebih luas.
6) Memiliki kesiapan mental dan kemampuan
untuk menghadapi ujia
c. Tujuan bimbingan dan konseling yang terkait
dengan aspek karir adalah:
1) Memiliki pemahaman diri (kemampuan, minat
dan kepribadian) yang terkait dengan
pekerjaan.
2) Memiliki pengetahuan mengenai dunia kerja
dan informasi karir yang menunjang
kematangan kompetensi karir.
3) Memiliki sikap positif terhadap dunia kerja.
Dalam arti mau bekerja dalam bidang pekerjaan
apapun, tanpa merasa rendah diri, asal
bermakna bagi dirinya, dan sesuai dengan
norma agama.
4) Memahami relevansi kompetensi belajar
(kemampuan menguasai pelajaran) dengan
persyaratan keahlian atau keterampilan bidang
pekerjaan yang menjadi cita-cita karirnya masa
depan.
5) Memiliki kemampuan untuk membentuk
identitas karir, dengan cara mengenali ciri-ciri
pekerjaan, kemampuan (persyaratan) yang
28 | Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kalimantan Tengah