Page 44 - Huma Betang Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kalimantan Tengah
P. 44
Madrasah lainnya (pimpinan Sekolah/Madrasah, guru-guru,
dan staf administrasi), orang tua konseli, dan pihak-pihak
ter-kait lainnya (seperti instansi pemerintah/swasta dan
para ahli: psikolog dan dokter). Pendekatan ini terintegrasi
dengan proses pendidikan di Sekolah/Madrasah secara
keseluruhan dalam upaya membantu para konseli agar
dapat mengem-bangkan atau mewujudkan potensi dirinya
secara penuh, baik menyangkut aspek pribadi, sosial, belajar,
maupun karir.
Atas dasar itu, maka implementasi bimbingan dan
konseling di Sekolah/Madrasah diorientasikan kepada
upaya memfasilitasi perkembangan potensi konseli, yang
meliputi as-pek pribadi, sosial, belajar, dan karir; atau terkait
dengan pengembangan pribadi konseli sebagai makhluk
yang berdimensi biopsikososiospiritual (biologis, psikis,
sosial, dan spiritual).
Gambar 1
Mandau, Senjata Khas Dayak
Huma Betang | 33