Page 44 - Huma Betang Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kalimantan Tengah
P. 44

Madrasah lainnya (pimpinan Sekolah/Madrasah, guru-guru,
               dan  staf administrasi),  orang tua konseli,  dan pihak-pihak
               ter-kait  lainnya  (seperti  instansi  pemerintah/swasta  dan
               para ahli: psikolog dan dokter). Pendekatan ini terintegrasi
               dengan  proses  pendidikan  di  Sekolah/Madrasah  secara
               keseluruhan  dalam  upaya  membantu  para  konseli  agar
               dapat mengem-bangkan  atau  mewujudkan potensi  dirinya
               secara penuh, baik menyangkut aspek pribadi, sosial, belajar,
               maupun karir.
                   Atas  dasar  itu,  maka  implementasi  bimbingan  dan
               konseling  di  Sekolah/Madrasah  diorientasikan  kepada
               upaya  memfasilitasi  perkembangan  potensi  konseli,  yang
               meliputi as-pek pribadi, sosial, belajar, dan karir; atau terkait
               dengan  pengembangan  pribadi  konseli  sebagai  makhluk
               yang  berdimensi  biopsikososiospiritual  (biologis,  psikis,
               sosial, dan spiritual).
























                                     Gambar 1
                             Mandau, Senjata Khas Dayak


                                                         Huma Betang | 33
   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48   49