Page 196 - Evaluasi Pembelajaran
P. 196

menurunkan  derajat  validitas  butir  dan  reliabilitas
                     tes,  karena  ada  kemungkinan  peserta  tes  justeru
                     menjawab  benar  pada  butir-butir  tes  yang
                     meragukan tersebut.
                  b.  Metode Angoff
                     Metode  Angoff  menggunakan  pendekatan  berbasis
                     tes  atau  test  centered  models  (Angoff,  1971).
                     Penggunaan metode ini juga memerlukan kehadiran
                     partisipan  ahli  sebagai  rater  atau  evaluator,  yang
                     melakukan    kajian   terhadap    butir-butir   tes
                     kompetensi.

                     Pada  dasarnya,    terdapat  kemiripan  metode  Angoff
                     dengan    metode     Ebel,   karena    sama-sama
                     mengestimasi  kemampuan  peserta  tes  dalam
                     menjawab benar suatu tes. Pada penggunaan metode
                     Angoff,  sekelompok  rater  diminta  membayangkan
                     seandainya  terdapat  100  orang  peserta  tes  yang
                     memiliki  kompetensi  minimal,  kemudian  diminta
                     memperkirakan  banyaknya  peserta  tes  yang
                     menjawab benar tes kompetensi yang dianalisis.  Hal
                     ini  diulang  beberapa  kali,  baik  menggunakan
                     partisipan  ahli  yang  sama  maupun  berbeda.  Hasil
                     analisis  tersebut  kemudian  rata-ratanya  sebagai
                     dasar untuk menetapkan passing-score.
                     Berikut  ini  diberikan  contoh  penggunaan  metode
                     Angoff, untuk menentukan passing-score pada 6 butir
                     tes  kompetensi,  dengan  3  kali  pengulangan  dan  5
                     orang  partisipan  ahli.  Hasil  analisis  diilustrasikan
                     pada tabel berikut:










                                                                   185
   191   192   193   194   195   196   197   198   199   200   201