Page 193 - Evaluasi Pembelajaran
P. 193

dihasilkan.   Pada   pendekatan     kedua,   evaluator
               menetapkan  passing-score dengan cara membandingkan
               hasil  pengukurannya  dengan  hasil  pengukuran  sejenis
               yang telah dilaksanakan terdahulu, baik terhadap peserta
               tes yang sama  maupun pada  peserta tes dari  kelompok
               berbeda. Tampak bahwa pendekatan kedua ini berpusat
               pada peserta tes atau responden pengukuran. Sedangkan
               pendekatan  ketiga,  menggunakan pendekatan  gabungan
               antara   keduanya    sehingga    disebut   pendekatan
               kompromistis.
                  Beberapa  contoh  metode  yang  digunakan  dalam
               menetapkan  passing-score  secara  eksak  adalah  sebagai
               berikut:
                a.  Metode Ebel

                   Metode Ebel menggunakan pendekatan test centered
                   models.  Metode  ini  memerlukan  beberapa  orang
                   evaluator ahli atau rater, yang dianggap pakar dalam
                   bidang kompetensi yang diukur dan akan ditetapkan
                   passing-scorenya.
                   Untuk  menentukan  passing-score  menggunakan
                   metode ini, para evaluator ahli (sering pula disebut
                   penilai partisipan), diminta untuk menelaah butir tes
                   sambil melakukan 3 hal, yakni:
                     - Memperkirakan  tingkat  kesukaran  masing-
                      masing  butir  tes.  Umumnya  butir  tes  tersebut
                      dikategorikan ke dalam butir mudah-sedang-sulit.

                     - Memperkirakan  dan  menelaah  relevansi  isi  tes
                      (validitas isi tes) terhadap kompetensi yang akan
                      diukur.    Relevansi     tersebut     umumnya
                      dikategorikan  menjadi  sangat  penting-cukup
                      penting-dapat digunakan-diragukan.

                     - Memperkirakan  persentase  jawaban  benar,  atau
                      menentukan  kemungkinan  persentase  jawaban



           182
   188   189   190   191   192   193   194   195   196   197   198