Page 194 - Evaluasi Pembelajaran
P. 194

benar peserta tes berdasarkan tingkat kesukaran
                        butir tes dan relevansi isi tes.
                     Sebagai contoh, tabel berikut ini adalah hasil analisis
                     oleh  3  orang  evaluator  ahli  terhadap  30  butir  tes
                     kompetensi.
                       Tabel 6.14. Contoh penentuan passing-score dengan metode
                                            Ebel.
                      Kategori butir  % minimal      Hasil
                                      jawaban        penilaian   A x B
                                      benar yang     terhadap
                                      diharapkan     banyak
                                      (A)            butir
                                                     pada
                                                     kategori
                                                     tertentu
                                                     oleh 3
                                                     evaluator
                                                     (B)
                      Sangat
                      Penting         100            20          2.000
                      Mudah           100            10          1.000
                      Sedang          100            2           200

                      Sulit
                      Jumlah                         32          3.200
                      Cukup
                      Penting         90             21          1.890
                      Mudah           70             7           490
                      Sedang          50             2           100

                      Sulit
                      Jumlah                         30          2.480
                      Dapat


                                                                   183
   189   190   191   192   193   194   195   196   197   198   199